Catatan Ringan

Sekilas tentang Oxford Brookes University


Oxford Brookes University adalah salah satu universitas modern di UK yang dulunya adalah Politeknik. Dimulai dari School of Art. Merger dengan School of Technology. Kemudian bergabung School of Nursing. Hingga akhirnya menjadi Universitas pada tahun 1992.

Mungkin karena jejak sejarah politekniknya itu Oxford Brookes University lebih mengembangkan sisi praktikal dibandingkan sisi teoritikal.

Hampir semua jurusan di sini punya link dengan dunia industri. Beberapa program S2 berdurasi 2 tahun. Setahun kuliah dan setahun lagi placement di dunia kerja.

Untuk S2 yang cuma 1 tahun, maka akan durasi professional dari dunia industri yang datang ke kampus cukup banyak. Hampir setiap minggu pasti ada guest lecture yang bicara soal dunia kerja.

Jika pemerintah Indonesia ingin mengembangkan Sekolah Vokasi dan Politeknik naik kelas dengan punya program S1, S2 dan S3 mungkin bisa belajar banyak dari Oxford Brookes University.

Dan baru-baru ini Oxford Brookes University didaulat sebagai kampus terbaik di bidang riset untuk universitas yang berumur di bawah 50 tahun se UK…

Jurusan Publishing nya nomor 1 se-UK… MBA kelas Online nya nomor 10 dunia.. Jurusan Hospitality nya nomor 9 dunia…

Tinggalkan komentar