TRAUMA MENGUTANGI TEMAN


 
Suatu hari ketika masih dalam masa-masa jadi pengangguran, saya mencoba menghubungi seorang teman yang sudah bekerja di perusahaan besar di ibukota… gajinya mentereng dan nol-nya berderet-deret ..
 
ketika itu saya hanya menyampaikan ingin meminjam 300 ribu rupiah… karena dengan jumlah segitu di jogja kala itu sudah bisa menyelamatkan perut selama 2 minggu…
 
dengan harap-harap cemas saya menunggu jawaban sms… dengan harapan ada berita afirmasi positif… beberapa menit berselang tibalah sms balasan…
 
“Maaf Pak saya ngak bisa meminjamkan… Karena selama ini banyak teman2 yang minjam, memelas-melas ketika meminjam, tetapi lupa untuk mengembalikan… dan kejadiannya tidak satu dua kali pak.. Mohon maaf saya tidak bisa bantu Bapak….”
 
Akhirnya dengan berhiba hati dan menahan lapar saya terima sms itu… kemudian dengan terpaksa saya mengadu kepada orang tua yang seharusnya tidak lagi saya susahkan…
 
namun begitulah fenomena yang terjadi dalam kehidupan kita… seringkali kita sendiri yang merusak kepercayaan teman… teman yang kaya kita jadikan tempat untuk “bertenggang rasa” ketika kesusahan tetapi saat sudah punya uang, kita lupa untuk mengembalikan pinjaman…
 
bukannya mereka tak mau membantu, tetapi ketika sekian banyak uang mereka hilang tak jelas dan pinjaman dengan janji-janji akan dibayar segera tidak kunjung mendapati realisasinya, kemudian mereka menjadi TRAUMA untuk meminjamkan lagi.. tidak hanya kepada orang yang sama, tetapi juga kepada orang yang juga dekat dengan mereka dan baru sekali itu meminjam uang kepada mereka….
 
banyak yang mengatakan, gara-gara hutang, persaudaraan bisa ilang… gara-gara hutang malah menciptakan permusuhan…
 
MARI KITA JAGA AMANAH DAN KEPERCAYAAN KAWAN-KAWAN YANG TELAH BERBAIK HATI MEMBANTU KITA SAAT KESUSAHAN.. JANGAN BIKIN MEREKA TRAUMA KARENA HUTANG TAK KUNJUNG DIKEMBALIKAN..
Tinggalkan Balasan

