Etika Instruktur Organisasi Mahasiswa Islam


Dulu ketika masih aktif menjadi Ketua Korps Instruktur Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UGM-UNY, saya bersama teman-teman instruktur bikin kode etik… Instruktur ngak boleh boncengin kader yang lain jenis non muhrim… dan hampir semua teman2 instruktur setuju..:)
 
pada akhirnya kesepakatan etik itu malah menjadi kesepakatan pengurus level cabang…
 
meskipun saya tahu ada beberapa instruktur yang punya hubungan spesial dengan sesama instruktur ataupun ada instruktur yang punya hubungan spesial dengan pengurus cabang atau kader, tetapi mereka sangat menjaga etika boncengan itu….
 
pertimbangan kami waktu itu adalah INSTRUKTUR PANUTAN KADER.. terutama kader-kader baru yang ingin menemukan nilai-nilai kesopanan dalam Islam…
 
percuma kalau kader dikasih materi akhlak islam, kemudian instrukturnya ketahuan hobby boncengin perempuan atau hobby diboncengi cowok…. percuma kalau kader dikasih materi spirit perjuangan islam, kalau misalnya untuk menjaga hawa nafsu sendiri juga masih kelabakan… percuma kalau jadi instruktur sebuah organisasi mahasiswa islam, kalau malah tebar foto2 kemesraan di media sosial…
 
selama 2 tahun menjabat ketua instruktur, kode etik itu berjalan dengan baik… solusi yang kami berikan kepada para immawati yang tak punya kendaraan adalah mencarikan teman immawati yang punya kendaraan buat mereka untuk pulang… jadi meskipun rapat sampai malam, mereka tetap berboncengan dengan immawati juga… itu juga dijaga kalau kita ngadain training di luar kota….
 
jadi, teman2 sering bilang kek gini.. IMM kita itu kek persimpangan KAMMI dan HMI… etika dan ibadah yang dibangun seperti anak2 KAMMI… kebebasan berpikir, independensi dan keluasan mengambil keputusan seperti anak2 HMI…:)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s