Seputar Zakat


Beberapa hal penting seputar zakat (info dari beberapa ceramah di masjid):
 
1. Zakat Fitrah diberikan 1 sha’. Biasanya di Indonesia 1 sha’ ini disetarakan dengan 2,5 Kg. Bagi yang ingin lebih berhati-hati, tidak mengapa menggenapkan 2,5 kg ini menjadi 3 kg.
 
Dari Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhu; beliau mengatakan,
 
فَرَضَ رَسُولُ اللهِ – صَلّى اللهُ عَلَيه وَسَلّم صَدَقَةَ الْفِطْرِ عَلَى الذَّكَرِ وَالأُنْثَى ، وَالْحُرِّ وَالْمَمْلُوكِ ، صَاعًا مِنْ تَمْرٍ أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ
 
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mewajibkan zakat fitri, untuk lelaki dan wanita, orang merdeka maupun budak, berupa satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum.” (HR. Bukhari 1511 dan Muslim 2327)
 
2. Zakat Fitrah merupakan kewajiban siapapun yang bernyawa di sebelum pelaksanaan sholat Idul Fithri. Beberapa pendapat menyebutkan jabang bayi yang sudah berumur 4-5 bulan (sudah ditiupkan ruh) juga wajib dikeluarkan zakatnya (perlu kajian lebih lanjut)..
 
3. Tidak boleh memberikan zakat fitrah kepada satu keluarga (trah (patrilineal)/saparuik (martrilineal)) karena mereka masih tergolong kepada tanggungan dari anggota keluarga yang lain.
 
4. Zakat Mal berupa kekayaan atau tabungan dikeluarkan sesuai dengan nishab (mencapai 85 gram emas) dan telah mencapai haul (1 tahun). 85 gram emas saat ini setara 45-50 juta rupiah (85 gram x Rp. 550.000/Rp. 600.000). Apabila ketika dalam satu tahun kita punya tabungan yang mencapai 45 juta yang tidak dipakai untuk keperluan sekolah, makan dan kebutuhan sehari-hari lainnya, maka wajib dizakatkan sebanyak 2,5% atau sebesar Rp. 1.125.000… Artinya, Allah cuma minta menyisihkan harta Rp. 3.125/hari… sungguh sangat dzolim apabila Allah cuma minta segitu, tetapi kita malas mengeluarkannya…
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s