REVOLUSI HARAPAN DAN KHAIRUL UMMAH


 
dalam masalah kekuatan untuk bertahan dalam penderitaan hidup saya banyak belajar dari bangsa Yahudi…. yang saya ulas dalam buku saya ini… ada konsep menarik yang saya kutip dari Erich Fromm, seorang ahli psikologi berdarah Yahudi, yang kampusnya saya kunjungi beberapa tahun lalu di Heidelberg Jerman… REVOLUSI HARAPAN…
 
orang yahudi bisa bertahan dari penindasan Fira’un, melewati masa-masa penindasan di zaman Romawi dan menghadapi Holocoust yang mengerikan sampai menguasai dunia saat ini karena semangat REVOLUSI HARAPAN DAN TERUS MENGHIDUPKAN IDENTITAS “THE CHOSEN PEOPLE”…
 
saya pikir ketika orang Islam tetap mengkampanyekan semangat “Khairul Ummah” itu adalah penyala obor semangat untuk melawan secara kreatif atas penindasan militer, ketertinggalan penguasaan ilmu pengetahuan, dan invasi ekonomi yang dialami oleh umat Islam saat ini….
 
Yahudi menguatkan Revolusi Harapan dan Identitas “THe Chosen People” lewat ratapan di tembok bekas reruntuhan kuil Solomon… Orang Islam menguatkan Revolusi Harapan dan semangat “Khairul Ummah” itu lewat ratapan tangis di sholat malam….
Tinggalkan Balasan

