NAMA TOKOH BESAR DI KAMPUS “KECIL” (YANG PERLAHAN MENJADI BESAR) DI SUMBAR


 
Di Sumatera Barat, melekatkan nama-nama tokoh besar dari Minangkabau sebagai nama kampus menarik untuk dicermati… Universitas Mohammad Natsir, STIE H. Agus Salim, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Universitas Bung Hatta, STAI Syaikh Burhanuddin…
 
Tradisi melekatkan nama tokoh besar kepada Universitas merupakan tradisi lama yang dilakukan oleh Jerman.. dimana banyak nama filsuf, sastrawan dan ilmuwan yang menjadi nama kampus… dan kebanyakan universitas di jerman sudah masuk jajaran universitas elite dunia..
 
meskipun agak pelan dan perlahan, alhamdulillah-nya beberapa kampus dengan nama tokoh besar indonesia itu sudah beranjak besar dengan mengikuti nama-nama besar yang disandangnya… mulai memperbaiki status akreditasi perlahan-lahan..
 
mungkin yang perlu dipikirkan adalah keunikkan dari nama itu.. Misalnya, untuk Universitas Bung Hatta bisa menjadi pusat pengkajian dan diseminasi pemikiran-pemikiran ekonomi kerakyatan dan politik bung Hatta… STIE H. Agus Salim seharusnya punya jurusan Hubungan Internasional dan menjadi pusat keunggulan pengkajian pemikiran-pemikiran nasionalisme-diplomasi Agus Salim… Universitas Muhammad Yamin bisa menjadi pusat pengkaderan ahli hukum tata negara dan pakar sejarah yang mumpuni… Universitas Mohammad Natsir menjadi yang terdepan dalam pengkajian dakwah dan politik Islam… STAI Syaikh Burhanuddin menjadi pusat pengkajian tasawuf dan sufisme Islam….
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s