Tips Puasa Sehat


 
1. Berbukalah dengan makanan manis yang alami seperti kurma, pisang dan buah-buahan lainnya.. karena gula alami cepat diserap oleh usus halus dibandingkan gula pabrikan seperti gula pasir.. memasak kolak dengan gula tebu alami (minangkabau: saka) lebih bagus untuk penyerapan energi
 
2. Jangan langsung berbuka dengan porsi yang besar karena akan memaksa lambung dan usus bekerja keras sehingga membuat cepat ngantuk pada saat tarawih.
 
3. Hindari minum kopi dan konsumsi garam berlebihan pada saat sahur.. karena kopi bisa menekan ginjal untuk mengeluarkan urine berkali2 di pagi hari sehingga bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan. sedangkan garam sifatnya membutuhkan air.. sehingga kebanyakan mengonsumsi garam akan membuat cepat haus di siang hari puasa.
 
4. sahurlah dengan makanan-makanan yang berserat seperti sayuran dan buah.. karena sifat dari makanan tersebut akan membuat rasa kenyang lebih awet di siang hari puasa…
 
5. lakukan olahraga rutin 2 kali seminggu antara jam 16.00 -18.00 karena pada saat itu tubuh mengeluarkan energi paling besar…
 
selamat melaksanakan puasa berkah batiniyah, ruhiyah dan jasmaniyah..:)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s