A Journey From Indie Publishing to IKAPI Publishing


 
2,5 tahun yang lalu… Ketika Musim Gugur di Kota Frankfurt Jerman…. Di sela2 kesibukan sebagai Delegasi Indonesia untuk Frankfurt Book Fair 2014 dengan sponsor Goethe Institut, saya beruntung bisa satu kamar dengan seorang Bapak yang kemudian hingga hari ini terus berbaik hati menjadi mentor saya di bidang penerbitan… Tahun itu adalah tahun ke-13 beliau berkecimpung di dunia penerbitan…. Obrolan kami begitu akrab, karena sang Bapak juga orang Minang dan berasal dari salah satu kota yang di zaman kolonial menjadi salah satu pusat penerbitan di Nusantara….
 
Ketika itu beliau dengan spontan menanyakan omzet Gre Publishing… dengan jujur saya katakan masih belasan juta setahun… Ya, kala itu Gre Publishing masih tertatih-tatih setelah saya hidupkan kembali selepas sebuah salah satu keputusan paling berat dalam hidup saya, melepaskan status sebagai pegawai UGM, Universitas Terbaik di Indonesia, dengan masa depan yang lebih pasti dan peluang yang sangat besar untuk diangkat jadi PNS….
 
Kemudian, beliau mengatakan kepada saya, “Ngak apa-apa Mas Anggun…. Tetaplah bersabar dan kerja keras… Karena Insya Allah jalan penerbitan akan mengangkat derajat ekonomi kita.. Paling tidak lewat penerbitan Mas Anggun bisa berkenalan dengan orang-orang hebat di negeri ini… Saya alhamdulillah sekarang sudah bisa meraih omzet 1 miliar rupiah per tahun… Sudah bisa beli rumah sendiri dan dan kendaraan sendiri…”
 
Sepulang dari Frankfurt Book Fair 2014, saya kemudian mendeklarasikan diri untuk sepenuh hati memilih penerbitan sebagai jalan hidup dan masa depan serta sesuatu yang akan saya wariskan untuk anak-cucu saya…
 
Allah kemudian perlahan menemukan saya dengan orang-orang baik yang kemudian menjadi kekuatan saya untuk terus bersabar dan bekerja keras untuk Gre Publishing…
 
Alhamdulillah kemudian, 2 tahun selepas pulang dari Frankfurt, Gre Publishing perlahan bangkit dan terus memperbaiki diri… di akhir tahun ini, Gre Publishing bisa juga meraih hampir separoh nominal omzet yang pernah disebutkan oleh Sang Bapak yang baik hati yang hari ini masih tetap sedia menjadi mentor saya…
 
Dengan perasaan tulus, aku ingin menyampaikan terima kasih buat teman2 Tim Gre Publishing yang dengan sabar melalui hari-hari sulit serta bersabar dengan lika-liku kegalauan dan berbagai persoalan Gre Publishing… dan mungkin ke depan masih tetap bersabar melalui segala kesulitan untuk sesuatu yang lebih baik dari hari ini… Saya ngak jadi apa-apa tanpa kalian teman2…
 
Terima kasih yang mendalam kepada para penulis yang telah mempercayakan karyanya untuk diterbitkan oleh Gre Publishing… Meskipun kami masih harus berusaha keras untuk meningkatkan penjualan buku-buku Bapak dan Ibu agar bisa menjadi best seller…
 
Terima kepada para tokoh, pakar dan akademisi yang telah berkenan dan tulus memberikan kata pengantar luar biasa dan testimoni berkesan untuk buku-buku terbitan Gre Publishing…
 
Terima kasih buat peminat dan konsumen yang telah membeli buku-buku Gre Publishing baik lewat online maupun offline… Kami mohon maaf apabila pelayanan kami masih banyak kekurangan…
 
Terima kasih buat semua pihak, rekanan, jasa ekspedisi, keluarga, sahabat, handai taulan, dan para sahabat yang telah membantu Gre Publishing selama ini…
 
Jalan akan terus kami tempuh untuk terus bertahan, tumbuh dan berkembang untuk turut memberikan sedikit kontribusi kepada Indonesia dan Dunia lewat literasi….
 
# buat teman2 yang berminat berinvestasi di Gre Publishing, bisa kontak saya via fb messeger untuk penjelasan lebih rincinya..:)
Tinggalkan Balasan

