Merindukan Bung Hatta


hari ini.. 113 tahun yang lalu.. lahir seorang bayi mungil yang diberi nama muhammad athar… ia kemudian dikenal sebagai bung hatta, salah seorang bapak bangsa indonesia… seorang yang jujur dan sederhana meskipun sudah menjadi orang nomor 2 di sebuah negeri yang sangat kaya raya… 11 tahun ia menempa diri belajar di benua dingin eropa, demi cita-cita kemerdekaan buat bangsanya dan kesejahteraan buat rakyatnya… di masa-masa pensiunnya, ia hanya tinggal di rumah sederhana… kenaikan uang pensiunan pun enggan beliau terima… berkali-kali ia menolak jabatan sebagai komisaris perusahaan belanda… tawaran menjadi pejabat bank dunia tak sedikitpun mengiurkan hatinya…

bandingkan dengan anak-anak muda kita sekarang… yang baru 2 sampai 5 tahun kuliah di negeri orang, tapi sudah sangat pintar menjadi makelar bumi dan kekayaan negeri sendiri.. baru 3-4 tahun belajar di negeri 4 musim, tapi sudah mahir menjadi agen kolonial baru demi bayaran dan perbaikan finansial..

bandingkan dengan pensiunan-pensiunan hebat yang dulu pernah jadi pejabat… hidup mewah di rumah-rumah indah… punya warisan berjibun untuk anak-anak dan cucu-cucunya… yang sering kali berkata, “ngapain pula mikirin indonesia… mau hancur, mau dijual, mau melarat, toh sebentar lagi saya mau mati… kenapa harus pusing-pusing bicara masa depan indonesia…yang paling penting itu anak cucu saya ngak kelaparan selepas saya tiada…”

Iklan

4 thoughts on “Merindukan Bung Hatta

  1. Sukron min atas pesannya mudah2an dengan tulisan seperti ini akan melahirkan Hatta-Hatta yg lain.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s