Dua hari ini, aku terpikat dengan lagu “Cinta Pertama” yang dibawakan Mikha Tambayong, artis yang melejit lewat sinetron “Kepompong” beberapa waktu lalu. Kalau dibandingkan teknik dan suara yang dimiliki oleh Kak Siti Nurhaliza, tentu Mikha masih kalah. Tapi lirik dan nuansa musiknya membuatku tak bosan memutar lagu satu ini dari pagi hingga malam.

Aku dibawa menuju masa remaja. Mengingati kisah cinta masa SMA. Saat aku masih lugu-lugunya. Masih culun dan ngak tahu apa-apa. Tapi aku sangat ingin kembali mengulangi masa-masa itu.

Jogja memang telah mengubah diriku. Dari pemuda kampung menjadi alumni sebuah universitas besar. Berkesempatan juga bekerja di sebuah program studi master unggulan di UGM. Meskipun hanya berstatus pegawai kontrak.

Namun, status sebagai alumni UGM dan pegawai ternyata bukan jaminan buatku berhasil menjalani cinta. Menjelang umur 27 tahun, aku masih tetap setia sebagai jomblo. Rasanya tak kurang aku melakukan pendekatan dengan gadis-gadis yang kusukai. Tapi satu per satu dari mereka menyatakan penolakan. Entah karena apa, aku juga tak tahu. Yang jelas mereka merasa lebih baik berteman denganku daripada harus menjalin hubungan spesial.

Aku binggung harus melakukan apalagi. Keinginan besar mendapatkan tautan hati, telah bergulir menjadi petualangan cinta yang tiada terhenti. Ditolak oleh A, aku langsung bergerak mengejar target B. Ketika B menghindar aku sudah bergerilya mendekati C. Entah sudah berapa kali aku terus menjalani hal ini, tapi semua berakhir dengan kegagalan.

Sudah letih rasanya. Sakit yang bertubi-tubi telah membuat tubuhku gampang sakit. Sakit fisik mungkin bisa sembuh sehari dua hari, tapi jika jiwa telah merana, kemana obat hendak dicari.

Karena sakit cinta inilah aku menjadi lemah. Meskipun tak kupungkiri, harapan cintalah yang membuatku mampu bertahan hingga detik ini.

Ya Tuhan, jika bidadari itu telah Engkau persiapkan, pertemukanlah aku dengannya. Karena tak sanggup lagi diri ini hidup menyendiri. Tak kuat lagi melalui hari-hari sepi. Namun, jika memang aku ditakdirkan untuk menjadi pemuda sunyi, anugerahkan kekuatan kepadaku untuk melalui kesendirian dan menjauhi perbuatan dosa yang Engkau murkai. Amien..