Menjelang sholat Ashar tadi, satu nomor baru singgah di handphoneku. Ada suara pria di ujung saja. Staf HRD PT. Arya Duta, sebuah penerbitan yang konsen pada buku-buku pelajaran sekolah di Kartasura, Surakarta. Aku diminta untuk hadir hari kamis besok untuk mengikuti tes. Aku belum memutuskan apakah datang memenuhi panggilan ini.

Aku berpikir cukuplah Kompas sebagai pamungkas dari semua rangkaian tes kerja yang kulalui sejak bulan Februari yang lalu. Karena sudah capek rasanya menghadapi tes tanpa hasil apa-apa. Mulai dari Bank, BUMN, Media, Penerbitan sampai lembaga pendidikan, sudah kucuba. Tapi semuanya berlalu dengan kegagalan

Sejak hari Kamis kemarin, aku sudah mematrikan tekad untuk memulai membuka usaha sendiri, Jasa Penerbitan Buku dengan bendera GRE PUBLISHING. Alhamdulillah sudah ada 3 orderan yang masuk. Aku berharap, dalam minggu ini bisa menyelesaikan semua orderan. Agar proyek-proyek berikutnya bisa juga kukejar.

Ekspektasi untuk kuliah di luar negeri masih besar bertahta di hati. Sebenarnya, beasiswa dari Pemerintah India sudah dibuka. Tapi apa daya, TOEFL yang masih jauh dari standar persyaratan, membuatku harus gigit jari tak bisa mengirimkan aplikasi. Sedih juga sih. Tapi mau gimana lagi…

“Yang penting jangan pernah patah semangat“. Begitu kata Bapak, yang membuatku bisa kembali bangkit. Tujuh bulan lagi Bapak pensiun. Ibu pinginnya aku memberikan kado spesial  dengan mengadakan “pernikahan” sebelum Bapak purna tugas. Namun, status yang masih “luntang-lantung” saat ini, agaknya membuatku tak bisa memenuhi permintaan Ibu.

Awal bulan depan, aku mau daftar program satu tahun kursus Bahasa Inggris di Universitas Sanata Dharma. Beberapa teman yang berhasil menembus beasiswa luar negeri seringkali bercerita, bahwa mereka butuh persiapan setahunan sampai akhirnya mendapatkan beasiswa. Artinya, aku harus benar-benar serius dalam persiapan bahasa dan kemampuan akademis, biar bisa mendapatkan beasiswa tahun depan.

PNS yang paling kuinginkan adalah menjadi dosen. Makanya kemarin, aku memutuskan tidak mengikuti tes di Blora, meskipun sudah mendapatkan kartu ujian. Padahal peluang cukup besar, 3 kursi diperebutkan oleh 26 peserta. Lumayan ringan dibandingkan tes Kemenakertrans kemarin (yang berujung kegagalan), 39 peserta bersaing memperebutkan 1 kursi. Ya, menjadi dosen Filsafat Yahudi, merupakan impian yang paling ingin kuwujudkan selain menjadi penulis terkenal.

Planning membesarkan GRE PUBLISHING dan mengambil kursus di Sanata Dharma hanya bisa direduksi apabila Kompas memanggilku lagi ke Jakarta. Sampai hari ini aku masih menunggu hasil interview 10 hari yang lalu.

Aku bersyukur kepada Tuhan, karena masih memberikan kesempatan untuk berharap akan masa depan yang lebih baik. Harapan yang dihadirkan lewat orang-orang hebat yang terus mensupportku tanpa lelah. Bapak yang tak pernah marah meski seringkali kubuat kecewa karena gagal tes kerja, Ustadz Ridwan Hamidi, Lc. M.A yang selalu menyejukkan jiwaku lewat ceramah-ceramahnya. Bahkan kemarin saat bertemu selepas kajian Ahad Pagi di Masjid Kampus UGM, beliau menciumku pipiku karena lama tak ketemu. Pak Nusyirwan yang memberikan kesempatan bagiku untuk terus menggali potensi diri. Mamak Zulharbi Salim, mantan wartawan Antara – alumni Universitas Al Azhar dan Al Madinah, yang mempercayakan pengeditan naskah buku beliau kepadaku. Mas Willy, yang tanpa sengaja menemukan blogku hingga menyerahkan pengeditan layout naskah buku motivasinya kepadaku. Teman-teman asrama yang masih menerimaku dengan lapang dada untuk tinggal di asrama.

Yang paling membuatku tetap optimis menghadapi hidup yang penuh dengan sempadan ini adalah dirimu. Ya, dirimu Sayang. Rindu, cinta, kasih, dan harapan bisa bersama denganmu mengarungi biduk kehidupan, membuatku terpacu untuk terus melakukan perbaikan diri.  Dan hari ini aku menemukan arti baru dari akronim GRE yang kujadikan sebagai brand name identitas diriku.

GRE: Gun Rindu E***…

Btw, segitu dulu ya teman-teman postinganku kali ini. Mudah-mudahan bisa menjadi insprasi bagi teman-teman untuk terus menatap hari esok dengan optimis…:)