Salah satu resiko yang tak dapat kita elakkan ketika memasuki dunia tak bertuan bernama internet adalah kehadiran komen-komen sentimentil dari orang-orang yang tak jelas. Baik itu singgah di blog maupun yang nyasar di facebook kita. Ketika mereka menjudge orang seenak hatinya, secara implisit mereka menyatakan saya-lah yang benar, kamu salah – kamu bodoh, saya-lah yang pintar – kamu ini (negatif), saya itu (positif).

Terkadang apa yang mereka sampaikan masih dalam taraf yang dapat ditoleransi. Tetapi tak jarang pula komen-komen mereka itu bernada sarkas dan membunuh potensi yang kita miliki. Jika demikian, sudah selayaknya kita memproteksi diri dari sosok-sosok paranoid seperti itu. Karena sesungguhnya mereka hadir bukan atas dasar niat baik, tapi hanya sekedar show up kelemahan diri sendiri saja.

Dengan akun dan nama tak jelas mereka beraksi sebagai pengecut. Karena hanya berani kemudian menghujat orang lain dengan bertopeng. Ketika orang lain terpojok, serta-merta mereka tertawa riang karena merasa sudah berhasil merusak reputasi dan suasana hati orang yang dikomentarinya.

Tapi apa pula peduli kita dengan orang-orang berkarakter seperti itu? Lebih baik diacuhkan sambil menghapus komen-komen tak jelas mereka pada halaman-halaman pribadi kita di internet. Mereka hanyalah banci, yang mengkritik orang tanpa berani menyatakan diri secara jelas dan gamblang.

So, buat teman-teman yang pernah mendapatkan hujatan ataupun komen-komen murahan di blog ataupun di facebook, lebih baik acuhkan saja semua itu. Lebih baik mendengarkan nasehat dari orang-orang yang benar-benar dikenal dan pernah kita temui sebelumnya. Jangan pernah kalah dengan suara-suara sumbang yang hanya membunuh potensi yang kita miliki…

So, langkah terbaik untuk meladeni para paranoid bertopeng itu adalah MASA BODOH DENGAN YANG LOE UCAPKAN…:) he2….

Iklan