Sancaka mulai melaju persis jam 07.15. Ini adalah perjalanan keduaku ke arah timur pulau Jawa. Pertama di tahun 2004 saat dalam kalut dengan kuliah di filsafat, aku kabur ke Surabaya untuk mendaftar di Ma’had Al Irsyad Surabaya. Tapi aku bertahan satu hari karena langsung homesick dengan Jogja. \

Di sisi kanan dan kiri yang kulihat adalah sawah yang menghampar. Sama seperti perjalananku ke Jakarta beberapa waktu yang lalu. Terhenti oleh hutan-hutan yang masih tersisa. Pegunungan hanya kelihatan dari kejauhan. Tapi aku tak tahu namanya.

Persis jam 11.15 aku sampai di stasiun Jombang. Tak sulit untuk mencari bis ke Pare. Persis 1 jam, akhirnya aku sampai di Desa Tulung Rejo Kecamatan Pare Kediri. Langsung menuju Webster, tempat kursus speaking yang direkomendasikan oleh Mas Ghufron (senior di IMM UGM).

Ketemu dengan Mr. Farhan, sedikit nanya-nanya, terus lihat camp ZEAL, akupun memutuskan untuk tinggal di camp milik Webster itu. Sempat juga tadi ke Elfast, tempat kursus untuk grammar, tapi karena sekarang hari Ahad, hanya gedung kosong yang kutemui. Sedikit kecewa, karena niatku mau daftar sekalian. Insya Allah besok pagi, setelah kelas speaking pertama di camp Webster, aku segera meluncur ke Elfast untuk mendaftar, mudah-mudahan bisa sekalian masuk kelas.

Terus terang, datang sendiri ke Pare dan meninggalkan teman-teman asrama yang sedang bergelut dengan acara MPKS membuatku masih teringat Jogja sampai sekarang. Homesick dengan Jogja, itulah yang kurasakan. Tapi ekspektasi segera meraih TOEFL 550, sedikit melebur suasana Jogja yang berputar-putar di kepalaku saat ini. Aku ingat Era, aku ingat adik-adik baru asrama yang hari ini akan dilantik sebagai warga baru. Aku ingat dengan kemelut di asrama yang masih saja bertahan sampai tadi malam.

Rasanya aku seolah-olah lari sebagai pecundang. Pergi tanpa bertanggungjawab atas apa yang kukatakan. Sungguh ada dilema yang membelitku. Jogja begitu kuat memanggilku.

Ya Allah, kuatkanlah aku untuk mencapai impian kuliah di luar negeri. Kuatkanlah aku belajar di sini, jika memang ini adalah jalan terbaik buatku untuk merealisasikan mimpi-mimpi… Buat teman-teman semua, salam dariku.. Sebuah salam ketulusan dari Pare Kediri… I miss U all…

Iklan