Malam ini aku “disadarkan” oleh sebuah film aneh yang tanpa sengaja kutonton lewat RCTI. Kisah anak muda yang bernama “KAPAL”, freelance sebuah radio untuk siaran live kondisi jalanan Jakarta. Punya cita-cita mau besarin kali Cibinong biar produksi ternak lele peninggalan Bokapnya bisa diekspor ke Asia Tenggara. Meskipun mau bisa ekspor ke 2 pedagang pecel lelel di Dago Bandung, tapi Kapal tetap optimis bahwa suatu hari lele peninggalan kolam Bokapnya akan mampir di meja makan Ratu Inggris…he2.. he2..

Sepanjang menyaksikan film ini, aku tertawa terpinkal-pinkal meski harus menahan sedikit nyeri di mata kiriku yang habis operasi. “Planet Mars”, itu judulnya. Ngak nyambung banget dengan alur cerita yang memakan waktu hampir 3 jam plus iklan. Tapi, aku ngak habis pikir darimana sang Sutradara bisa dapat inspirasi buat film se-kreatif ini. He2.. He2.. Serius, sampai sekarang aku masih sulit menahan ketawa mengingat Si Kapal… he2..he2…

Sedikit bawaan otak seriusku hilang. Aku tak mau lagi ambil pusing dengan kisah cintaku yang selalu berujung tragis. Tak peduli ditolak cewek puluhan kali. Yang penting malam ini aku happy banget. Aku ingin menikmati hidupku setelah lama aku larut dalam kesedihan yang terus saja kupupuk.

Aku ingin tertawa lepas, tanpa beban. Aku memang butuh cinta, tapi aku tidak gila wanita. Aku akan menjalani hidupku setelah ini apa adanya. Melalui semua dengan senyuman tanpa terlalu serius memikirkannya. Aku ingin jadi orang merdeka. Merdeka dari penindasan psikologis karena kecewa.

Aku tak perlu susah-susah mencari jawaban atas kegagalanku selama ini. Karena Allah telah menyiapkan jawaban dan hikmah untuk semua kejadian di dunia ini. Mungkin aku hanya perlu bersabar menunggu kapan jawaban itu akan diberi. Tidak harus lewat renungan filosofis berhari-hari. Mungkin terkadang lewat peristiwa-peristiwa biasa sehari-hari…

Ah, malam semakin larut. Nyamuk mulai menganggu ketikanku. Besok pagi harus ke RS. Sardjito buat periksa mata pertama pasca operasi. Mudah-mudahan bisa sekalian bisa cari kacamata buat penganti flat bunder bajak laut yang sudah menemani mataku hampir satu minggu.

Habis ini aku mau cari makan sahur dulu karena tak mungkin menyempatkan tidur untuk bangun kembali. Biar sekarang makan sahur sekalian, habis itu bisa bangun lagi pas adzan Shubuh. Buat teman-teman yang lagi i’tikaf selamat mendapatkan malam lailatul qadr. Karena malam ini adalah malam ke-29, malam ganjil yang bisa jadi momen lailatul qadr diturunkan untuk tahun ini. Selamat beribadah, selamat kembali kepada Allah…

Salam damai…