“Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan diantara mereka untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama,dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya” (Q.S. At-Taubah : 122)

“Menuntut ilmu itu kewajiban setiap Muslim dan Muslimah” (Hadits). “ Sesungguhnya aku diutus semata-mata untuk menyempurnakan akhlaq yang mulia” (Hadits)

Untuk melanjutkan tugas Rasulullah SAW itu Perguruan Thawalib Padang Panjang terus berupaya membina, mendidik, dan memperbaiki para siswa supaya menjadi generasi muslim/muslimah yang berilmu tinggi, berkepribadian yang baik serta berakhlaq yang mulia, demi menghasilkan anak-anak yang shaleh yang paham masalah agama secara mendalam.

  • SEJARAH SINGKAT

Jauh sebelum tahun 1900 dibawah asuhan Syekh Abdullah Ahmad Perguruan Thawalib telah memulai pendidikannya dengan sistim halaqah bertempat di Surau Jembatan Besi Padang Panjang, yang kemudian pada tahun 1911 dilanjutkan oleh DR.H. Abdul Karim Amarullah (Inyiak Rasul) ayah alm. Buya HAMKA, seorang ulama besar yang baru pulang menuntut ilmu di Mekah. Beliau sekaligus merubah sistim belajar dari halaqah menjadi klasikal. Mulai 1926 Tuanku Mudo Abdul Hamid Hakim (Pimpinan Thawalib waktu itu) membangun lokal belajar di jalan Lubuk Mata Kucing (Kampus Thawalib Putra sekarang).

Pimpinan Perguruan Thawalib setelah Tuanku Mudo Abdul Hamid Hakim ;

  1. H.Mawardy Muhammad (murid Tuanku Mudo). Tahun 1959 – 1994
  2. Drs. H. Abbas Arief, Tahun 1995 – 1998
  3. H. Djawarnis, Lc. Tahun 1998 – 2000
  4. Prof.Dr. Sirajuddin Zar, MA (Rektor IAIN “IB” sekarang) Tahun 2001
  5. Prof. Dr. H.Tamrin Kamal, MS. Pada tahun 2001 – 2006.
  6. Firdaus Tamin, BA. Tahun 2007 sampai sekarang.

Perkembangan Institusi Pendidikan Perguruan Thawalib :

  • Membuka Perguruan Thawalib khusus putri tahun 1989, bertempat di Kampung Jambak Padang Panjang.
  • Membuka Raudhatul Athfal Al-Qur’an ( RA-A ) / Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Tahun 2002.
  • Membuka Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu (MIUT) Tahun 2004.
  • Pada tahun 1974 Perguruan Thawalib membuka Perguruan Tinggi Fakultas Dakwah dan Publisistik, Fakultas Syari’ah wal Qanun dibawah pimpinan Prof.DR.KH. Zainal Abidin Ahmad (Alumni Thawalib, mantan Ketua Parlemen RI, Wartawan dan Pengarang).
  • Saat ini Perguruan Thawalib telah berkembang dengan memiliki empat jenjang pendidikan mulai Taman Kanak-Kanak Al Quran / Raudhatul Athfal ( RA-A ), Madrasah Ibtidaiyah Unggul Terpadu (MIUT), Madrasah Tsanawiyah dengan nama Thawalib A, Madrasah Aliyah dengan nama Kulliyatul ‘Ulum el Islamiyah (KUI) Putra & Putri.
  • VISI & MISI

VISI: Mewujudkan pendidikan Tafaqquh Fiddin (mendalami ilmu-ilmu agama Islam)

MISI:

  • Menyelenggarakan pendidikan Islam yang berorientasi mutu.
  • Mengembangkan aktifitas keagamaan serta proses pembelajaran yang disertai nilai-nilai keagamaan yang bersifat aplikatif.
  • Menyiapkan generasi Islam yang unggul dan berkualitas menuju terbentuknya khairu ummah.
  • Menyiapkan mukmin muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, dan mempunyai pengetahuan dasar Islam yang mantap serta berkhidmat kepada masyarakat.

TUJUAN PENDIDIKAN

  • Mendidik para siswa untuk mendalami masalah-masalah agama supaya bisa memahami dengan benar serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Membina para siswa berperilaku Islami dan berakhlak yang mulia, melatih dan membiasakan siswa puasa Senin Kamis dan Sholat malam ( Tahajjud )
  • Mengarahkan para siswa untuk bisa menselaraskan perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi modern dengan dasar-dasar agama/syari’at dalam memenuhi kebutuhan hidup dunia -akhirat.
  • TENAGA PENGAJAR

Tenaga pengajar di Perguruan Thawalib Padang Panjang saat ini terdiri dari guru-guru yang sudah berpengalaman dalam bidang pengetahuan agama dan umum sesuai dengan disiplin ilmu yang dimilikinya, tamatan dari berbagai perguruan tinggi Dalam dan Luar Negeri, seperti : Universitas Ibnu Su’ud Riyadh, Universitas Al- Azhar Cairo, Unversitas Negeri Padang, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Akademi Bahasa Arab (Aqabah) Lipia Jakarta, Akademi Management Ilmu Komputer Padang, Sekolah Tinggi Seni Indonesia, dll.

  • KEGIATAN EKSTRA KURIKULER

1. Muhadharah 3 bahasa ( Indonesia, Arab, Inggris )
2. Tahfizul Qur’an
3. Kaligrafi Arab
4. Kesenian : Rebana, Nasyid
5. Keorganisasian
6. Olah Raga
7. Kepramukaan
8. Internet

  • FASILITAS

1. Kampus / Asrama milik sendiri ( Putra & Putri )
2. Perpustakaan Siswa ( Putra & Putri )
3. Ruangan Makan
4. Masjid Kampus ( Putra & Putri )
5. Labor Kumputer ( Putra & Putri )
6. Labor Bahasa ( Putra & Putri )
7. Labor IPA
8. Aula
9. Lapangan dan Sarana Olah Raga
10.Ruangan Keterampilan Putri
11.Kantin
12. Wartel
13. Loundry.
14. Room Recovery

  • PENERIMAAN SISWA/I BARU

Perguruan Thawalib Padang Panjang menerima Siswa/i baru tahun pelajaran 2010/2011 tingkat Mts/SLTP dan MA/SLTA.

Pendaftaran: Mulai sekarang s/d tanggal 10 Juli 2010.

Tempat Pendaftaran:

  • THAWALIB PUTRA : Jln. Abd. Hamid Hakim No. 12
    Padang Panjang – Sumatera Barat 27116
     (0752) 82030, 82607
  • THAWALIB PUTRI : Jln. H. Agussalim No. 48 Kamp. Jambak
    Padang Panjang  (0752) 83738

Silahkan Download Brosur Penerimaan Siswa/I Baru Tahun Ajaran 2010/2011 Perguruan Thawalib Padang Panjang  dengan mengklik link INI