Terima Kasih Ade


Setiap kali membaca tulisan Ade, aku selalu terenyuh. Sungguh luar biasa dia merangkai kata dari pengalaman-pengalaman unik yang dilalui dalam kesehariannya. Ade beberapa kali bilang, “aku memang terlahir sebagai penulis”. Ya, mungkin benar. Oret-oretannya di blog Rindu memang disukai oleh banyak orang, karena memang ditulis dengan hati bergabung dengan kecerdasan calon Master Universitas Indonesia.

Kadang aku iri dengan Ade. Bukan iri karena begitu banyaknya komentar yang datang dalam setiap postingannya. Tapi aku iri dengan semangat Ade untuk berjuang meraih cinta sejati. Cinta kepada Allah yang mengalahkan cinta kepada yang lain. Aku iri bagaimana Ade bisa merasakan nikmatnya ibadah, qiyamul lail, dan puasa sunnah. Aku cemburu ketika Ade bisa meluangkan waktunya untuk berkumpul dengan anak-anak jalanan dan orang-orang yang lagi mendapatkan ujian Allah di rumah sakit. Aku malu dengan kelembutan hati dan ketabahan Ade yang selalu mengucap syukur kala sakit dan penderitaan datang menghampirinya.

Hampir 2 bulan Ade berhenti ngeblog karena harus menyelesaikan tesis Masternya di UI. Saat itu pula aku kehilangan inspirasi dari tulisan-tulisan Ade. Tapi untunglah ia masih sedia online di yahoo messenger ataupun sedia membalas sms-sms dariku.

Ya Tuhan, betapa Maha Besarnya Engkau yang mengenalkan dengan Ade, sosok yang membuatku selalu sadar akan kesombongan dan kedurhakaanku atas nikmat-nikmat yang telah Engkau berikan. Ade mengajarkan Islam yang indah kepadaku. Bukan lewat seabrek dalil ayat Qur’an dan Hadist, tapi lewat kepribadian dan tindakan yang ia lakukan dalam kesehariannya. Ah, betapa indahnya Islam jika tak sekedar ceramah saja. Pesona diri lewat laku lebih mengena daripada lisan berbuih mengucapkan kalimat-kalimat suci, tapi hanya manis di mulut saja.

Terima kasih De, telah mau menjadi sahabatku. Telah hadirkan inspirasi dalam hidupku. Telah nyalakan api penerang dalam jalanku yang gelap tanpa cahaya. Semoga persahabatan ini akan kekal hingga ke surga. Amien…

Iklan

12 thoughts on “Terima Kasih Ade

  1. ehm ehm …. mas Gun, saya yang harusnya berterima kasih dengan mas, selama kita kenal, begitu banyak kemalasan saya terhapus karena mencontoh kerajinan mas, eh terbalik yah? hahhaa

    yang pasti saya tersanjung dengan tulisan ini, terima kasih ya mas.

    *jadi kapan gonceng saya dengan vesva tua kelililing yogya?* :)

  2. ari juga penggemar tulisan2 kak ade sejak ari kenal dunia blogging dan sejak awal dr kak ade nulis soalnya blog pertama yg ari temukan blognya kak ade :)

  3. Ada tiga hal yg aq pelajari dari hampir semua Tulisan Ade’, tiga hal itu adalah : BERSABAR, BERSYUKUR & BERBAGI.. Sifat2 ini ku yakin gak semua bsa menerapkanya termasuk aq tp Sungguh lwat tulisanya menggugah hati untuk bsa lbih baik .. Aq berharap dan berdoa semoga Allah menjadikanya seorang PENULIS yg Tekenal. Amin

  4. Wiryo: ha2.. biasa aja lagi mas.. kita cuma saling berbagi.. tapi yg diberikan ade sama saya lebih banyak kayaknya..:)

    ita: benar mbak.. amien..:)

  5. Mas.. mba rindu (panggilan “sayang” saya buat mba ade) memang penulis LUAR BIASA.. saya ga pernah berhenti menengok kebunnya, membaca hikmah2nya dan belajar darinya serta berusaha mengamalkan ilmu yang saya dapat darinya… :D

  6. Blog rindu, pertama masuk kesannya rame banget, tapi yang berkunjung kebanyakan laki-laki… dan ketika saya klik bagian “Saya adalah” muncul gambar makhluk Allah yang cantik… yang saya yakin menjadi salah satu daya tarik blog ini. Mungkin saya su’udzan kalau menganggap banyak yang datang ke blog ade bukan karena tulisan ade. Aku pernah punya teman masa laluku namanya Istiqomah, wajahnya mirip ade orang banjarnegara. Akhirnya Salam kenal mas… see you in my blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s