Beberapa hari lagi bulan November 2009 akan datang bertandang. Menyambut bulan yang sangat spesial bagiku. Genaplah seperempat abad umurku hidup di atas dunia ini. Genap pula 3 tahun aku melakoni aktivitas sebagai bloger alias tukang nulis di dunia maya. Menumpahkan kata-kata “serapah” yang berkeliaran di pikiran. Menjadi melankolis saat putus dalam percintaan. Mencaci maki orang-orang yang pantas untuk dihabisi.

Ah.. Tak terasa perjalanan menjadi bloger. Dengan berbagai suka dan duka. Dari pengunjung satu dua orang menjadi 800-an. Dari tulisan-tulisan kacangan menjadi tulisan-tulisan rujukan banyak orang. Dari sekedar iseng berubah menjadi candu yang tak bisa dihilangkan.

Satu hari tak mengupdate blog, terasa tak enak badan. Ingin segera keluar mencari inspirasi. Karena kevakuman membuat pikiran mati suri tak berketentuan.

Saat datang komen-komen pengunjung dari berbagai penjuru dunia, hadir gembira. Senyum sumbringah, karena tulisan yang dibuat dengan susah payah, lebih sering diselimuti gundah dibaca oleh orang. Terobat jerih memelototi monitor mesti mata sering terasa perih, terobat lelah saat tangan tak henti mengetik di keyboard, terobat gelisah yang tertumpah lewat aliran kata-kata.

Komentar dan kunjungan lebih dari segalanya. Lebih dari sekedar memenangkan lomba-lomba blog. Lebih dari uang yang dihabiskan untuk membayar tagihan bulanan yang menyita kiriman tiap bulan.

Sejarah dikenang lewat cerita. Diabadikan lewat pena. Bagi seorang bloger kisah-kisah yang ia alirkan telah memberikan warna untuk dunia. Narasi ringan di tengah headline-headline populer yang menghiasi surat kabar.

Sungguh anugerah indah yang telah diberikan Tuhan kepadaku untuk terus bercerita lewat ruang maya ini. Makasi buat semuanya yang telah setia membaca tulisan-tulisanku… Hidup Bloger…