Debat Capres Final


Usai sudah 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres yang diadakan oleh KPU. Debat terakhir yang barusan disiarkan oleh RCTI konon disaksikan kurang lebih 80-an juta rakyat Indonesia di seluruh nusantara, mendekati setengah pemilih yang terdaftar di DPT (170-an juta).

Debat terbuka antara para kandidat hanyalah rangkaian dari kampanye yang telah berjalan satu bulan ini.  Telah banyak janji diberikan. Ratusan bahkan ribuan iklan menjejali media, sebagai bagian pencitraan masing-masing calon.

Kita telah melihat bagaimana kapabilitas, dan juga sepak terjang Capres-Cawapres beserta team suksesnya. Janji demi janji telah diumbar sampai kampanye hitampun dilakukan. Dari isu rasial, agama, sampai masalah gambaran-gambaran keberhasilan semu penuh penipuan.

Arena politik, memang arena para politisi untuk merebut dukungan rakyat. Ketika cara-cara baik tidak cukup, maka pembohongan publikpun dilakukan. Sebagaimana yang dikatakan oleh Pak Ganjar Pranowo, ketika KPK dinilai sukses oleh banyak pihak, SBY mengklaim sebagai keberhasilan pemerintah. Tapi ketika DPT menjadi persoalan serius Pemilu, SBY mengatakan itu adalah urusan KPU.

Beberapa minggu belakangan masyarakat dijejali iklan “satu putaran saja”. Jelas gambar SBY-Boediono dengan slogan “Lanjutkan” terpampang dalam iklan itu. Tapi kenapa SBY tidak mengakui itu adalah iklannya?? Pembohongan macam apa ini.

Tepatlah apa yang disampaikan Sujiwo Tedjo, “Kalau masyarakat tidak munafik akan mendapat pemimpin tak munafik”. Waktu tinggal 6 hari lagi. Masih ada waktu untuk berpikir dan menentukan mana pemimpin yang terbaik. Janganlah hanya terpesona dengan wajah memelas dan pesona kewibawaan. Karena hal-hal yang artifisial tidak akan berguna untuk kemajuan bangsa ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s