Charice: Gadis 16 Tahun Bersuara Emas


“Tuhan, jika Engkau hinakan suara nyanyian, ku mohon maafkan aku. Karena lewat lagu aku hilangkan sedih dan sepiku…”

Itulah kata yang bisa kuucapkan dari pandangan sinis orang-orang yang tak menyukai nyanyian. Entah kenapa, apakah mereka telah menutup pintu estetis dalam dirinya, atau hendak menyamakan suara nan merdu dengan lekukan tubuh yang menerbitkan nafsu? Entahlah…

Hari ini aku menyesal karena tak bisa menghadiri pelantikan pimpinan baru IMM UGM. Aku tak tahu kenapa kaki ini bagaikan ditahan untuk keluar. Hati yang ingin, disekat oleh kekuatan yang tak ku tahu.

Ternyata benar. Pilihan ketidakhadiranku, telah membawa aku “berkenalan” dengan gadis Philipines yang hadir dalam acara Oprah Show menjelang Dzuhur tadi. Charice Pempengco, gadis San Pedro Laguna, kelahiran 10 Mei 1992 telah membuat aku terpaku dengan suaranya yang benar-benar luar biasa.

Kenapa tidak, Kak Siti Nurhaliza yang selama ini kukagumi tak pernah mendapatkan kesempatan emas sebagaimana yang dianugerahkan kepada Charice, Duet dengan Celine Dion. Setahuku pengalaman terhebat Kak Siti dengan pemilik “My Heart Will Go On” ini hanya sekedar foto bareng saja. Sementara Charice berdua Celine Dion di atas panggung kelas dunia Madison Square Garden  15 September 2008 yang lalu dengan membawakan syair manis “Because You Love Me”.

Charice hanyalah “gadis desa” di sebuah kota yang jaraknya 2 jam dari Manila. Pada usia 3 tahun, dia mengalami stressing yang berat, saat sang Ayah menembak Ibunya dengan senapan. Ya, konon kabarnya di Filipina senjata api dijual bagaikan dagangan sayur. Untung tragedi itu tidak membuatnya harus kehilangan Ibu. Sejak umur 4 tahun, Charice diajari ibunya bernyanyi. Pada usia 6 tahun, dia cuba menguji bakat yang ia miliki dengan mengikuti kontes lagu di Filipina. Hanya cemoohan yang ia dapatkan. “Suara kamu tak bagus dan wajahmu tak cantik”, begitulah juri mematahkan talenta emas ini.

Sindiran itu tak membuat Charice patang arang. Dia terus berlatih dan berlatih. Selain bernyanyi juga belajar memainkan gitar. Dia tak mengerti not nada, tapi meresapi musik dengan mendengarkannya.

Lewat keisengan teman-temannya yang memasukan video sang Charice bernyanyi, terbukalah mata dunia. David Foster musisi kawakan melihat bakat luar biasa gadis manis itu dan memboyongnya ke AS. Sampai akhirnya duet bersejarah dengan sang Idola, Celine Dion lewat bantuan Oprah, membuat Charice menjadi masyur di seluruh penjuru dunia.

Apa yang membuat, Charice membuat orang berdecak kagum lewat tarikan suara. Kata David, “Gadis ini bernyanyi dari hati”. Memori kelam pada umur 3 tahun dan kecintaan mendalam kepada sang Ibu, yang membuat Charice melantukan nada demi nada dengan penuh perasaan. Dia bernyanyi untuk menghilangkan rasa sakit sekaligus cinta pada sang Bunda.

“Apakah rasa sakit itu yang membuat Charice bisa seperti sekarang?” Tanya Oprah kepada David. “Benar, rasa sakit membuat dia bernyanyi sepenuh jiwa, dan  terus  mengerti dengan perasaannya”.

Nyanyian  bagi beberapa orang bukan sekedar olahan suara biasa. Seringkali sebagai pelarut lara dan pembasuh luka. Mengobati hati yan teriris atas sakit yang melanda.  Lewat nyanyian merasuk hati, banyak orang kembali bangkit. Merasakan dirinya punya kekuatan  untuk melanjutkan hidup. Melepas kepiluan dan  berdiri menyongsong  hari esok dengan senyuman.

Jikalah ada yang masih  memandang sinis nyanyian, aku tak tahu apakah mereka itu yang benar ataukah aku yang sudah salah berkeyakinan. Bagiku, suara nan indah adalah anugerah yang bisa menggerakan jiwa jika sang pemiliknya bisa mendendangkan lagu pengobat jiwa. Bukan lagu-lagu desahan dengan goyaan kebinalan membangkit nafsu durjana.

Lewat lagu terasah rasa. Dan aku teringat bagaimana  saat kesendirian Buya Hamka menggesekan rebab (biola) dengan berdendang di selasar rumahnya. Beliau hendak membujuk hati lewat nada. Hendak memperhalus budi lewat indahnya suara.

Tuhan,  hari ini aku semakin masyuk dengan  suara makhlukmu yang teristimewa. Yang menyanyikan lagu, tempat aku bersandar melepas lelah dan haus dahaga. Aku hanya ingin mengobati sakitku. Hanya ingin melembutkan jiwaku. Jika masih engkau anggap ini sebagai perbuatan durhaka, aku hanya bisa menadahkan tangan, maafkan kesilafan ini.

47 thoughts on “Charice: Gadis 16 Tahun Bersuara Emas

  1. charice emang keren bgt,,bruntung di usia muda sudah punya bnyk hal yang mengagumkan,,so lucky
    Suaranya KereN bgt!!!
    ptma kli liat dia di acara oprah!! pengen nangis denger dia nyanyi,,,

    1. BETUL SEKALI…….denger suranya bikin merinding, penuh penjiwaan,…lagu2 celine dion, witney houston, beyonce, dibabat habis dengan kualiatas yang sebanding, bahkan lebih enak….Good Luck Charice!

      1. Sebanding?? cahrice cuma teriak2 doang tanpa teknik,,,, bisa ga dia nyanyi lagu mariah carey dengan falset dan whitle register yg luar biasa?

  2. charice, was my idol… i want to be like her.. and i want to improve my voice, cauze my friends a part of them don’t like my voice, i believe i can do it! i love u Charice…

  3. Setiap aku buka youtube selalu nonton videonya berulang-ulang, berjam-jam, gak bosen2… dan herannya ini sudah berlangsung sejak pertengahan 2007 sebelum dia diundang oleh Ellen D’Generes..Dia satu2nya yg bisa bikin aku nangis berkali kali di depan kompi. what can be done??? Rasanya aku sudah menjadi chariceholic…

  4. pengeen rasanya punya suara kayk dia…….gilaa……..
    ampe nNGIS Pas nton acranya pas duet dgn celine dion…hiks..hiks…because u.LuFt me…………….

  5. lagu yang dinyanyikan akan menjadi dosa jika seseorang menyanyikannya untuk menaikkan birahi dengan bantuan tubuhnya melalui syair-syair yang seronok, tapi jika seseorang bernyanyi dengan sepenuh hati dan mewakili orang lain tentang fenomena di dunia dan hanya itu yang bisa dilakukan oleh penyanyi itu ….. kayaknya itu bukan dosa deh ….. just believe in your faith ajah ….. two tumbs up for charice….. aku merinding dico denger dia nyanyi …….

    1. setahu saya sih, nyanyian itu bisa jadi haram kalau kita terlalu menikmatinya sampai melupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan ibadah. Karena jelas jika kita menyanyi kadang sampai melupakan apapun termasuk sama Tuhan aja deh. Misal kita nyanyi/dengarkan nyanyian pada saat ada adzan padahal kita wajib menjawab adzan, trus juga nyanyi/mendengarkan nyanyian saat berada di kamar mandi padahal Nabi memerintahkan kita untuk diam di kamar mandi dan mensegarakan keluar dari kamar mandi, masih banyak sih contohnya.

      jadi kalo menurut saya (ini menurut saya lho, saya cuma orang yg juga sama2 belajar jadi muslim yang bener), selama lagu/nyanyian tidak menggeser pentingnya ibadah yang harus didahulukan, ya tetap saya lakukan, hehehe.. BTW, charice emang hebat suara tingginya.. cuma kalau untuk teknik, saya rasa masih kurang..

  6. lagunya yang terbaru note to god dinyanyikan dengan amazing dialah diva internasional berikutnya. setiap tarikan suaranya selalu membuat tubuh ini selalu merinding……..

    love you charice!

  7. saya pas nonton episode yang ini (walaupun telah diulang) tetap saja menangis haru…. Kayanya Charice sudah mengeluarkan album. Coba cari tentang Susan Boyle mas, unik, awalnya dicemooh malah ternyata masuk final British Got Talent

    1. iya aku tau si susan boyle!! Eh cari juga namanya Andrew Johnston dia selalu diejek teman2nya di sekolah tp dia suaranya keren sampai juri british got talent skaligus juri american idol yg terkenal kejam si Simon Cowell jg terpesona denger suara si andrew johnston

  8. Luaaaar biasa..she is amazing…she is world wide arising start singer. I love her very much..her voice wauuuuuuuuuu… Charice terkenal sejak video nya di posted di youtube. Gima yaa klo penyanyi kita di posted di youtube juga??? Tapi saya yakin ngak bakalan ada orang bule-bule yang perhatikan..karena lagu nya lagu indonesia terusssss. Lagu Indonesia ngak ada yang bisa untuk nguji suara orang benar2 bagus…lagu nya datar2 aja.

    1. hihihi iya liat tuh Sinta & Jojo ngetop lewat youtube tp cuma lipsing pas nyanyi secara live suaranya ancur! Charice bener2 keren!!!

    2. weeee…enak aje….
      tau lagu mimpi nya anggun kagak…
      mnurut w, lagu itu bener-bener berklelas n mmbutuhkan teknik,pnjiwaan, tntunya kalo bukan penynyanyi profesional, kagak bakalan dapet lagu ini….
      the best lagu indonesia n pnyanyi indonesia…
      Anggun n Dira Sugandhi Penyaynyi trbaik indonesia…..

      Charice aku juga suka n thebest for u…..

  9. Aku tau Charice jauh sebelum di tayangkan di Metro TV! Tahun 2008 aku download di youtube! Sumpah aku nangis! Keren! Skarang si Charice jg jadi salah satu cast di tv series musikal paling popular di Amerika yg berjudul GLEE!!!! Dia memerankan tokoh Sunshine Corazon! Pas audisi ikutan GLEE dia nyanyi lagu Beyonce yg HALO! Suaranya si Charice lebih keren daripada suara Beyonce!!!!

  10. Coba download album Charice yg baru lagu2nya enak2 ada 10 lagu kalo gak salah! Pyramid, reset, breathe u out, thank you, dll! lagu yg berjudul Thank You dipersembahkan untuk Oprah Winfrey & David Foster!

  11. Tuhan emang MahaAdil. Setelah rasa sakit, takut dan entah apalagi yg dia alami bersama ibunya semenjak umur 3 tahun, dia diberi suara emas yang membuatnya bisa bersinar.

    benarlah, dari segala kekurangan (yg katanya dia ga cantiklah, dan pendek), dia memiliki amazing voice yg sudah disamakan dengan Dion, Rihanna, Britney, Beyonce, and who knows what else?

  12. Did you know? maybe… I had fallen in love with her ^_^

    Happy B’day Cha… (10 may)
    Love You… :P :) ^_^

  13. i have cry to watching her video
    when featuring C D
    nice voice Charice ……….
    pyramid …

  14. i want meet mycharice.hehe
    benar-benar takjub ketika dia menyanyikan lagu “i will always love you”…sungguh suara emas yg tak ada duanya,apalagi parasnya cantik bgt gan..:D

  15. aku udd liat video dan dengerin lagu charice ribuan kali dari tahun 2008 sampe skrang bahkan ratusan video jga aku punya tapi rasa bosan tak pernah add….

    aku seneng denger dan liat dia nyanyi

  16. Tidak Hanya Charice yg Pnh Duet satu Panggung dgn Celine dion . ANggun Juga Pernah (Check Youtube “Anggun Feat Celline Dion) malah ANggun pnh Nyanyi Featuring Dgn celline Di Lagu Berbahasa Perancis Berjudul ” Tu Nages “.betuL Bgt Saya Juga Suka Charice Begitu Saya Dengar Kabar Bahwa di asia Tenggara ada Yg Sukses Go international selain Anggun c sasmi dan Ank tsb seusia saya , saya Kagum Tatkala mendengar Lagu “Note To god” Saya rasakan ada Lara Dan Rasa yg Teramat Sakit dlm Penghayatan Lagu tsb So kata Akhir saya “GREAT GOLDEN VOICES”

  17. Dua kata yg pas buat charice yaitu “Luar biasa”, suaranya menggetarkan jiwa dan aku ga bisa lukiskan betapa senangnya jika ia bernyanyi didepannku, I Love u Charice…………

  18. Awal gw suka sama ni cewek pas lagi browsing videonya Celine Dion di youtube, wktu itu gak sengaja nemu videonya Charice yg konser sama DF bawain lagu “All by Myself” nya celine, emang luar biasa…dan keren abiiisss,,, nada2 tertinggi di lumat habis sama dia tanpa cacat, sejak itu gw langsung fall in love sama ni cewek, selain suaranya keren, wajahnya juga cantik n gemesin banget :).

  19. pertama kali dengar suara emas Charice di Youtube pas nyanyi lagu alm. Whitney “I Will Always Love You”… sumpahh.. keren banget..

  20. Baca Biografi’y asli sedih banget, mo nangis rasa’y…

    “Listen” jauh lebih bagus kamu nyanyikan dari penyanyi asli’y..
    Merinding…

  21. Charice you’re very talented. .;-)
    Charice was my idol. .
    when you come indonesia. .
    I was witing for your arrival. . :-D
    terima kasih

  22. When I originally commented I seem to have clicked the -Notify me when new comments
    are added- checkbox and now each time a comment is added I get four emails
    with the exact same comment. Perhaps there is an easy method
    you can remove me from that service? Thanks a lot!

Tinggalkan Balasan

