Kuliah dengan Pak  Joko Siswanto yang beberapa bulan yang lalu sudah bergelar doktor memang mengasyikan. Dapat ilmu baru, plus referensi-referensi keren yang rata-rata belum dibaca mahasiswa. Ngak tahu kenapa, apakah karena referensinya bahasa Inggris semua ataukah memang buku yang sering dicuap-cuapkan Pak Joko di depan kelas ngak ada di perpustakaan.

Akhirnya kami lebih sering menjadi pendengar ceramah Pak Joko yang tiap minggunya pasti membawa informasi terbaru. Entah kenapa, jadi enak mengikuti kuliah-kuliah beliau. Bukan karena di semester kemarin aku bisa dapat A di mata kuliah yang termasuk sulit di filsafat, Metafisika, tapi ada perubahan gaya mengajar beliau.

Kalau dulu sering marah, sekarang beliau malah sering curhat. Jadi kita tahulah dikit-dikit perkembangan kampus. Kemarin beliau cerita tentang tugas baru diberikan oleh fakultas, mengelola program pasca sarjana filsafat. Beliau sering kesel sama anak-anak S2 filsafat yang thesisnya kadang ngak lebih mutu dari skripsi S1. Tapi tetap aja lulus. Apakah karena dosen pembimbing yang ngak perhatian atau mahasiswanya yang malas-malasan?

Konon kabarnya, mulai 2010 besok UGM ngak buka S2 untuk alumninya sendiri. Jadi sarjana-sarjana UGM disuruh kuliah di luaran sana. S2 UGM khusus untuk lulusan non UGM. Tapi uniknya, bagi mahasiswa yang lulus S1 dengan predikat cumlaude bisa langsing aplikasi S3. Ni cerita yang kudapat dari pak Miska Amien beberapa hari yang lalu. Ya ngak tahu juga nanti akan seperti apa.

Okey deh, di tulisan yang serba kemana-mana ini, aku pingin ngasih link buat pengunjung tentang tanggapan yang lebih ilmiah dari tulisanku kemarin tentang Resonansi Prof. Syafi’i Ma’arif tanggal 17 Maret lalu di Koran Republika. Ni tulisan Tiar Anwar Bachtiar dari (Majelis Tabligh dan Dakwah Khusus PP Muhammadiyah). Lumayan bagus buat menanggapi seorang Professor Filsafat Sejarah sekaliber Syafi’i Ma’arif.

Trus tambahan juga buat teman-teman yang mau ngopy halaman web, mungkin mau buat tutorial atau pingin mengabadikan halaman web dalam bentuk gambar, saya cuplikan cara express yang kuambil dari yahoo answer.

  1. Tekan Ctrl + Print Screen SysRq
  2. Buka Paint (Start, All Programs, Accessories,Paint) Trus Paste
  3. Save as, Beri Nama File, OK
  4. Setelah tersimpan Copy file, Paste di MS Word.
  5. Agar gambar bisa di edit, Ganti Layout gambar menjadi Behind Text atau yang lain

So, udahan dulu ya. Otakku lagi ngak beres ni. Maklumlah, berkali-berkali mencari cinta tapi belum juga bersua. Emang eke kurang apa sih?? He2.. Kayak Bencong di pinggiran jalan aja. Ha2.. Ha2… Ya udah, daripada lebih ngawur, aku akhiri saja sesi ini. Jangan bosan baca tulisanku ya…He..he..