A. Definisi
Karya Tulis Mahasiswa merupakan tulisan ilmiah hasil dari kajian pustaka dari sumber terpercaya yang berisi solusi kreatif dari permasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam, serta diakhiri dengan kesimpulan yang relevan. (Pedoman umum KKTM, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Direktorat Akademik)

Karya tulis mahasiswa merupakan tulisan berisi ide kreatif dan orisinil yang disusun secara komprehensif berdasarkan data akurat (terpercaya), dianalisa secara runtut, tajam dan diakhiri dengan kesimpulan serta saran-saran / rekomendasi. Karya tulis mahasiswa dimaksud bukan merupakan laporan hasil penelitian.

B. Tema

“Peningkatan Daya Saing Bangsa Dalam Pengembangan Kesehatan Berkelanjutan”

C. Persyaratan Peserta

  • Peserta LKTM adalah mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta yang sedang mengikuti program S1 dan Diploma.
  • Peserta dapat berkelompok 2-3 orang atau perseorangan.
  • Anggota peserta kelompok dapat berasal dari berbagai disiplin ilmu
  • Peserta, baik perseorangan maupun kelompok hanya diperkenankan mengikuti satu bidang kompetisi.
  • Peserta belum pernah mempresentasikan karya tulis yang sama pada kompetisi lain, kecuali pada rangkaian proses LKTM ini.
  • Bagi peserta yang masuk nominasi 10 besar diwajibkan mempresentasikan karya tulisnya di hadapan Dewan Juri.

D. Proses Seleksi

Peserta karya tulis wajib memberikan hasil karya tulis dalam bentuk hard copy dan soft copy kepada Panitia Lomba LKTM Lustrum II Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Kampus C Mulyorejo Surabaya 60115 Telp (031) 5913257, 5913752, 5913754, 5913756 Fax (031) 5913257 Website : http://www.ners.unair.ac.id E-mail : dekan@ners.unair.ac.id selambat – lambatnya tanggal 21Maret 2009. Seleksi terhadap karya tulis peserta yang dipandang memenuhi syarat untuk mengikuti tahap nominasi dilakukan oleh Dewan Juri. Hasil seleksi sepuluh besar akan diumumkan pada tanggal 30 Maret 2009 dan mengikuti sesi presentasi pada tanggal 11 April 2009. Dari hasil sepuluh besar akan dipilih menjadi tiga besar terbaik yang akan diumumkan setelah sesi presentasi berakhir.

E. Sifat dan Isi Tulisan

Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

1. Kreatif dan Objektif

  • Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk mensolusikan suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara divergen atau pemikiran yang terbuka.
  • Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif.
  • Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi terpercaya.
  • Bersifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi.

2. Logis dan Sistematis

  • Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.
  • Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis-sintesis, kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran-saran.

3. Isi tulisan berdasarkan telaah pustaka

4. Materi Karya Tulis

Materi yang ditulis tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni para penulis/mahasiswa. Kesempatan ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki ide kreatif dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan, walau yang bersangkutan tidak sedang belajar secara formal di bidang tersebut. Materi karya tulis merupakan isu mutakhir atau aktual.

G. Pembimbing

Setiap kegiatan penulisan oleh mahasiswa baik yang bersifat perseorangan maupun kelompok perlu mendapat bimbingan dari dosen secara intensif.

Informasi terbaru mengenai lomba akan dipublikasikan melalui website www.ners.unair.ac.id

CP:
1. Muhammad Muslih (085655379939)
2. Tity Putri Anggun (085648429725)
3. Aulia Pradita (085646335412)

NB: Ketentuan Lomba selengkapnya dapat dilihat di sini pedoman-lktm-unair

Iklan