Mungkin kata yang mujarab agar tujuan dan cita-cita bisa terwujud adalah fokus. Kenapa begitu? Dalam keseharian kita dihadapkan oleh banyak godaan. Banyak tawaran yang menarik sehingga kita tergerak untuk mencoba atau memiliki semua sekaligus. Contoh, kita pingin pintar Bahasa Inggris sekaligus Bahasa Arab tambah Bahasa Jerman. Mau jadi orator ulung sekaligus penulis kawakan. Jadi penyanyi beken plus aktor/aktris yang membintangi film-film box office. Pingin IPK 4 dan aktif di berbagai organisasi. Tentu untuk meraih semua itu tidak bisa dalam waktu sekejap.

Memang banyak hal yang mesti dikuasai seseorang agar menjadi sosok yang multitalenta sehingga dalam kehidupan ia mudah mendapatkan hal yang ia inginkan, baik itu materi, ketenaran ataupun pujian. Beberapa orang memang bisa belajar dua/lebih keterampilan sekaligus dalam waktu berbarengan. Tapi banyak pula yang begitu semangat menguasai beberapa keterampilan akhirnya kelabakan sendiri karena kelabakan dan tidak memberikan prioritas pada hal-hal tertentu.

Kenapa kita perlu fokus dan prioritas? Karena waktu yang kita miliki sehari tu terbatas 24 jam dan tenaga yang kita miliki juga terbatas. Menguasai banyak ilmu sekaligus tentu sangat sulit hatta orang yang punya otak secerdas Einsteinpun juga harus punya mana hal yang ia utamakan. Oleh karena itu, bagi kamu yang pingin memiliki multi keterampilan dan kecerdasan tentu harus berangkat dari hal-hal yang dasar dulu dan yang lebih penting dulu.

Kalau bisa diumpamakan belajar agama, tentu kamu harus belajar aqidah dan tata cara sholat dulu sebelum masuk materi tentang ushul fiqh ataupun kajian fiqh kontemporer. Semua harus dimulai dasar, sehingga ketika pondasi sudah kuat untuk melangkah ke tahap selanjutnya tentu akan mudah.

Atau misalnya, kamu pingin  selesai-in skripsi dan cepat-cepat wisuda. Tentu saja kamu harus banyak-banyak membaca buku dan artikel yang terkait dengan skripsi kamu.

Di dunia ini banyak pilihan dan tawaran. Kemampuan yang kita miliki terbatas. Oleh karena itu, tekuni apa yang mendesak untuk kamu ketahui/miliki dan jadilah ahli dalam bidang yang kamu sukai. Multi talenta memang sesuatu yang membanggakan tapi punya keahlian khusus akan membawa kamu menjadi orang langka.