Kata temanku: “Kalau kamu lagi patah hati, jangan terlalu banyak mengurung diri di kamar. Coz, bayangan dia akan selalu mendatangimu dan membuat hatimu makin sedih.”

Itulah yang kurasakan belakangan ini. Telah kucoba pula untuk tidak terlalu banyak mengurung diri. Kemarin dari pagi, setelah rampungin tugas bersihin ruang TV, segera aku meluncur ke kampus ikut pengajian. Sempat juga melihat hiruk-pikuk “Sunday Morning” khas UGM pas cari sarapan di lesehan masakan Padang. Dan menu sarapanku kemarin lumayan keren, Katan Goreng alias beras ketan disantap sama goreng pisang.

Sampai siang aku di kampus, karena setelah sarapan masih ada lagi pengajian yang disampaikan ustadz Yazid bin Abdil Qadir Jawwas, salah satu ustadz kibar Salafi Indonesia. Materi yang beliau sampaikan terkait “Mulia Dengan Manhaj Salaf”. Ya, tepatnya yang diceramahin kemarin tu isi buku beliau. Dari jam 9 sampai mendekati Dzuhur pengajian berlangsung. Intinya tentang kewajiban umat Islam untuk mengikuti manhaj salaf seperti kewajiban melaksanakan seluruh rukun Islam. Barangsiapa yang menyempal dari manhaj salaf berarti dia telah menjerumuskan dirinya pada pintu-pintu kesesatan dimana ada syaitan yang menyeru di depan pintu itu. Banyak dalil yang dibawakan oleh ustadz Yazid mengenai hal ini. Beberapa kali beliau menyebut harakiyyin dan hizbiyyin adalah termasuk golongan sesat.

Argumen yang cukup simple kenapa umat Islam harus bermanhaj salaf adalah “Orang yang paling paham tentang seluruh dimensi Islam adalah Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam. Dan orang yang paling dekat dengan pengajaran dan mendapatkan bimbingan langsung dari rasulullah adalah para sahabat. Oleh karena itu pemahaman Sahabat (Salaf) dalam berIslam harus kita jadikan uswah.”

Ya, itulah sekeping nasehat yang kudapatkan kemarin. Eh, cerita tentang yang di awal tadi aku lanjutin ya….:) Okey, berbicara about mengobati broken heart dengan “malala-lala” alias “raun-raun” atau banyak kegiatan di luar telah pula ku coba tadi pagi. Setelah invite bapak-bapak yang ada di bagian akademik kampus untuk menanyakan masalah KRS (Kartu Rencana Studi) buat semester besok yang kata pengumuman udah bisa diurus mulai hari ini, akupun meluncur ke kampus II UAD di Jalan Pramuka. Acara ngurus KRS cuma sebentar karena jadwal kuliah belum fix jadi belum bisa dibagikan.

Di UAD ini, ada seminar bagus. Aku tahunya dari sms seorang teman beberapa hari yang lalu. Judul seminarnya, “Meneropong Masa Depan Pendidikan di Indonesia”, sekaligus pembukaan Latihan Instruktur Paripurna Ikatan Mahasiswa Muhamadiyah. Setelah acara pembukaan, ya biasalah, tilawah, prakata dari orang-orang penting, dan nyanyi-nyanyi segala, barulah seminar dimulai kira-kira jam 10-an. Kalau tema seminarnya agak wah, tapi pokok bahasan mengerucut pada persoalan UU Badan Hukum Pendidikan yang barusan disahkan beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya aku g begitu “ngeh” alias paham dengan soalan satu ini. Meski sering juga baca di koran dan lihat di TV seputar pro dan kontra UU ini. Yang menarik bagiku adalah pemaparan dari Prof. Dr. Sofian Efendi, MPIA mantan Rektor UGM. Sebagai Guru Besar Kebijakan Publik beliau menilai UU BHP tahun 2009 ini “sunguh-sunguh tak berpihak kepada kepentingan rakyat”. Karena banyak potensi konflik yang diakibatkan oleh pemberlakuan UU ini. Intinya gitu. Penjabaran panjangnya ada di makalah. Tapi aku belum sempat mengetik ulang untuk dimasukin ke blog ini.

Okeylah…  Ni aku barusan download lagu “Menunggu” dari Sonet 2 yang vokalisnya anak Raja Dangdut Rhoma Irama, Ridho Rhoma. Asyik juga. Kalau bang Rhoma bilang kehadiran Sonet 2 ini adalah Revolusi Dangdut Indonesia. Ya, keren juga sih karena musiknya perpaduan dangdut lama dengan arrasment band. Keren deh.. Eh ada yang kelupaan ni ada liriknya… klik aja ini…

Tambah satu lagi, kalau Michael Heart meluncurkan song “We Will Not Go Down”, maka barusan saya search-search di youtube eh ketemu deh lagu Kak Siti saat Konser donasi buat Palestina. Judulnya Suara Sepi. Ya lumayan sih liriknya. Tapi musiknya agak kurang mengena. Mungkin buatnya tergesa-gesa. Kalau mau download bisa di youtube. Untuk mendownloadnya kamu bisa pake mesin http://downloadyoutubevideo.org.