Hari Ini Ultahku


Hari ini persis 24 tahun yang lalu aku pertama kali hadir di dunia ini. Dalam akte kelahiran, hari itu adalah hari Jum’at, aku lahir di sebuah desa kecil Sumatera Barat, Kepala Hilalang Pariaman. Sebuah desa yang di depannya dilalui jalan raya dan kereta api pembawa batu bara dari Sawahlunto. Di belakangya ada lurah, yang berhamparan sawah dan sungai berair jernih.

Setahuku hingga hari ini, tak pernah ulang tahunku dirayakan. Berjalan biasa, seperti hari-hari biasa. Hari ini cukup banyak juga ucapan selamat ulang tahun yang mampir di HP dan Friendster ku Kebanyakan dari teman-teman IMM UGM-UNY, dari Bapak, dan dari seorang seorang sahabat yang lagi kuliah di Padang.

Wajahku mirip Bapak. Itulah yang dikatakan Mak Uwo saat kedatangan ku pas lebaran 2 tahun yang lalu. Mak Uwo, Kakak paling tua nenekku yang begitu sayang sama anak-anak satu keluarga besar kami yang berhasil dalam pendidikan. Kata beliau bakat agamaku mirip juga dengan Bapak. Ya, Bapak dulu pernah jadi mubaligh (karena beliau lulusan dakwah IAIN Imam Bonjol Padang), tapi berhenti karena beliau sudah masuk politik dan aktif di Golkar. Kata Bapak, politik susah kalau digabung dengan dakwah, bisa saling tumpah-tindih jadinya.

Aku tak tahu harus bercerita apa tentang ulang tahun. Karena aku memang tak punya pengalaman tentang satu hal ini. Tak ada hadiah spesial ulang tahun dari ortu dan tak pernah merayakannya. Apalagi setelah kudapatkan penjelasan tentang acara ulang tahun tu ngak ada tuntunannya dalam Islam. Blas, g ada lagi ulang tahun dalam kamusku.

Sebenarnya kalau di asrama, aku harus mentraktir teman-teman makan plus dimasukkan ke kolam. Tapi berhubung hari ini tanggal tua, finansial lagi kritis, ya terpaksa diam2 aja dulu daripada g ada uang untuk makan sampai akhir bulan.

Tak ada yang spesial hari ini, kecuali bisa kumpul2 dengan teman2 IMM UGM dan UNY dalam momen DAD di Nitikan tadi siang. Senang karena bisa jalin silaturahim lagi. Dan kedua, ditelpon sama teman satu SMP-SMA Nofrizal M. Dulu ceritanya kami adalah geng alim dan pintar. Kalau waktu sholat sudah masuk, serta merta kami sholat berjama’ah. Saat2 SMA aku g terlalu dekat dengannya karena kami beda kelas. Sekarang temanku ini sudah bekerja dan tanggal 13 desember besok mau nikah. Tadi dia nelpon menanyakan apakah aku bisa datang ? Dengan berat hati kujawab, aku baru bisa pulkam setelah wisuda. Diapun maklum.

Meski kulalui hari ini dengan parah, namun momen2 yang tak ku duga sebelumnya, membuatku sadar akan sebuah harapan, semangat untuk terus menjalani hidup. Terinpirasi oleh banyak hal. Termasuk semangat yang mengalir di jiwamu Ukhti. Mesti tubuhmu tak berdaya melawan sakit yang kau derita, tetap saja kau tak pernah mengeluh. Ya kudengar hanyalah harapan demi harapan yang indah, karena kau menikmati betapa indahnya hidup ini. Dirimu begitu sabar menahan dan menanggung perih yang kau rasa. Jikaku mengingatmu, kadang terbetik tetesan airmata. Entah bahagia atau sedih, aku tak dapat memahaminya.

Duh, ternyata teman2 panitia DAD tadi sudah tahu kalau aku ultah hari ini. Sudah ramai skenario yang akan dilaksanakan untuk ngejainku (ni info yang disampaikan Qolbi padaku). Aneh, kok mereka pada tahu ya ultahku hari ini? Sebenarnya aku mau bertahan sampai acara DAD ditutup dan bantu ikut bersih2. Tapi jadwal harus tanding lawan teman Sastra Arab UGM, akhirnya aku cepat-cepat pulang. Sorry ya teman2. Karena kurang orang, semula yang mau tanding lapangan besar, akhirnya main futsal aja. Lumayanlah bisa menang 1-0 dan aku yang nyetak gol. He2.He..

Malam semakin larut. Dalam kesyahduan mendengarkan nyanyi Kak Siti Nurhaliza, Get Here. Lagu yang menceritakan impian seorang kekasih yang ingin pujaan hatinya yang di sana datang ke tempatnya. Sungguh romantis. You Can Reach Me By Mind, my soulmate.

One thought on “Hari Ini Ultahku

  1. Saya kemarin malah ngusulin drama kekerasan di DAD, mas…
    Ada juga yang ngusulin motor mas anggun disembunyiin, biar kyk hilang gitu.. he3x

    Ini memang ide usilnya kawan2..

    SELAMAT ULANG TAHUN, mas! Mabruuk inda miiladika…
    Semoga cepat lulus juga… Amien!

Tinggalkan Balasan

