Wisata di Jogja


Atas Sms seorang adik angkatan yang dulu pernah tinggal di Asrama Mahasiswa Sumatera Barat (Bazel Amadani Teknik Elektro UGM 2006), akupun turut mendaftar mengikuti Live Blogging Contest Jogja Fair 2008 yang diadakan Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro UGM. Lomba ini mengangkat tema: Asyiknya Jalan-Jalan di Jogja. Sebuah tema yang kurang akrab dengan diriku, karena hobiku bukanlah travelling, tapi menyepi di kos dengan kesuntukan di depan komputer dan membaca buku. Namun, bergabung dengan berbagai organisasi di Kampus dan akrab dengan orang kampung di sekitar kos lewat sepakbola, telah memberi kesempatan kepadaku berkeliling ke berbagai sudut di Yogyakarta.

000_00471

Tugu Jogya (Konon Tugu Ini dikatakan sebagai pusat Kota Jogja


Bagiku Jogja memang teramat nyaman. Nyaman untuk bersantai-santai karena masyarakatnya yang memang tak dikejar oleh pencapaian-pencapaian dinamistik tingkat tinggi kayak Jakarta. Bagiku kota ini penuh simbol. Simbol kemegahan budaya Jawa yang masih bertahan lewat eksistensi Kraton, simbol perjuangan yang diperlihatkan oleh beberapa bangunan kuno dan monumen perjuangan, dan simbol pendidikan lewat berjibunnya institusi pendidikan terkemuka.

Sebuah kolaborasi simbol yang unik sehingga melahirkan berbagai komunitas yang unik pula. Jika  pembaca hendak menikmati keindahan alam, kayaknya Jogja bukan tempat yang tepat jika dibandingkan dengan daerah lain. Kalau ingin bertamasya di pantai, tentu Jogja jauh ketinggalan dari Bali. Kalau mau lihat pegunungan, kayaknya pegunungan yang berbaris-bari di Sumatera Barat lebih memukau mata. Tapi kalau mau menikmati keramahan ala Jawa yang lembut, menelusuri sejarah Indonesia yang berdarah-darah itu, atau ingin berbelanja berbagai macam pakaian eksotik dan aksesoris dengan harga luar biasa murah, atau ingin melihat Universitas yang katanya hebat itu (UGM pastinya..he…he), maka pilihan yang tepat, Jogja tentunya.

100_40183

Perempatan Malioboro

Terpukau dengan kenyamanan dan murahnya biaya hidup aku yakin pembaca sekalian kerasan berlama-lama di wilayah “kekuasan” Sri Sultan ini (tapi kalau Sultan terpilih jadi Presiden atau Wakil Presiden tak tahulah akan siapa yang akan memimpin Jogja…eh sorry, dilarang ngomong politik..itu kata panitia. Malahan Bapak-bapak dan Ibu-ibu pejabat yang malang melintang di kota besar lainnya di Indonesia, hijrah ke Jogja untuk menghabiskan masa-masa pensiun.

img_0008

Kraton Jogja

Usulku, sekarang teman-teman bisa nabung dulu. Ntar kalau sudah punya terkumpul lumayan banyak, pesanlah tiket dan terbanglah ke Jogja. Dan bersiap-siaplah borong barang-barang sekarung..He..He.. Baju bertulis unik ala dagadu, batik-batik keren berbagai pilihan, sampai makanan ringan “Pia” bersaudara (Bakpia, Lumpia, dan karib-kerabatnya…ha..ha..).

Untuk postingan pertama udahan dulu ya. Kalau kamu ngak tahu Jogja tu dimana, kamu bisa buka peta, atau buka google earth sekalian biar tahu  mandangin Jogja dari udara. Ntar kamu akan dapat gambaran awal.

Iklan

4 thoughts on “Wisata di Jogja

  1. jogja…?????
    Kota yg Penuh Kenangan buat q dr Dl ampe skrg…..Q CiNta JoGja….
    Yg bs buat Hati Q seNang Cm pergi k JoGja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s