Pendidikan Malaysia Lebih Hebat Dari Indonesia?


Beberapa waktu yang lalu, dalam kuliah Bahasa Arab, Pak Hamdan, S.S,. M.A, seorang dosen muda yang dulu ku kenal di Jama’ah Shalahuddin menyampaikan suatu berita yang menarik terkait dengan lulusan Universitas Al Azhar dari Mesir. Kata beliau, dalam sejarah sampai hari ini, belum ada mahasiswa Malaysia yang memperoleh predikat cum laude dari Al Azhar.

Jangan bandingkan dengan Indonesia. Doktor Al Azhar pertama dari Al Azhar se Asia Tenggara adalah orang Indonesia, ahli tafsir Al Qur’an Prof. Dr. Quraish Shihab. Apalagi yang lulus dengan cum laude baik dari S1, S2 atau S3. Kata pak Hamdan, hal itu disebabkan sistem pengajaran di Al Azhar sangat mengedepankan kemampuan hafalan. Bahkan diceritakan sistem komputerisasi tidak terlalu dipentingkan oleh Al Azhar, karena kemampuan hafalan staf akademik mereka luar biasa.

Meski hafalan tidak kuat-kuat amat, namun sistem pendidikan pesantren di Indonesia yang memang sangat mengandalkan aspek hafalan, telah mempersiapkan calon mahasiswa Indonesia untuk kuliah di Universitas Islam ternama itu. Sehingga mereka tidak lagi canggung dengan model pendidikan di Al Azhar dan bisa menyelesaikan studi dengan predikat kelulusan cum laude.

Berbeda dengan sistem pendidikan di Malaysia yang banyak dipengaruhi oleh model Inggris (Eropa pada umumnya) yang mementingkan aspek pemahaman dan analisis. Sehingga ketika menemukan sistem pembelajaan yang berbeda mereka  membutuhkan adaptasi.

Terlepas dari sistem itu, agaknya memang orang Indonesia lebih pintar dari orang Malaysia. Sekarang coba bandingkan berapa sih siswa Malaysia yang bisa meraih medali dalam lomba-lomba olimpiade sains tingkat internasional? Berapa dosen Indonesia yang mengajar di Malaysia dan dosen Malaysia yang mengajar di Universitas Malaysia?

Memang belakangan ini institusi pendidikan Malaysia banyak dilirik oleh orang-orang Indonesia karena dinilai bagus. Namun, menurut penulis ini bukan terkait dengan kalahnya universitas-universitas di Indonesia, tapi lebih kepada sistem dan lingkungan akademis yang kondusif di Malaysia. Di sana pemerintah memang sangat memperhatikan pendidikan. Kalau di negara kita, pemerintah masih setengah hati.

Agaknya sebagai bekas jajahan Inggris, Malaysia punya sisi kelebihan dalam kemampuan Bahasa Inggris. Sehingga mereka punya akses yang lebih luas untuk melanjutkan studi ke berbagai negara yang berbahasa Inggris. Tapi, tetap saja statistik mahasiswa luar negeri mereka masih kalah dari Indonesia.

So, kata seorang teman, “ntar kalau kamu mau S2 jangan ke Malaysia lah. Karena mereka bukan pusat ilmu. Kalau mau S2 atau S3 sekalian aja ke Amerika atau ke Eropa.” So, Malaysia g hebat-hebat banget gitu lhoh…

Iklan

17 thoughts on “Pendidikan Malaysia Lebih Hebat Dari Indonesia?

  1. Mantaaapp euy… Maju pendidikan indonesia, jangan sampai malaysia kalahkan indonesia. malu donk ma negara seupil gitu

  2. …….ooooooooo,jadi kualitas pendidikan di indonesia dengan malaysia masih sama dengan, belum ada kelebihan mendasar, jadi niat ku untuk kuliah di malaysia setelah lulus dari MAN harus di urungkan niat, cari negara yang kualitas pendidikannya lebih baik,
    makasih………

    1. Seharusnya indonesia ga cuma bilang hebat,,,,,tapi kita para penerus bangsa harus bisa mewujudkan indonesia hebat

  3. JANGAN MERASA BANGGA DIRI DULU. Memang di era tahun 1970an kualitas pendidikan di Indonesia lebih baik dibandingkan dgn Malaysia. Banyak pelajar Malaysia yang menuntut ilmu di negara kita. Jadi jelas, klo dilihat dari statistik kumulatif, mahasiswa luar negeri mereka masih kalah dari Indonesia. Tapi, beberapa tahun belakangan ini kualitas pendidikan Indonesia cenderung stagnan, bahkan mengalami kemerosotan. Coba bandingkan dengan Malaysia, meraka terus berlari untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menambah infrastruktur di dalamnya. Malaysia sekarang sudah “go internasional”, terbukti dengan banyaknya pelajar dari berbagai negara yang menuntut ilmu di negeri jiran itu. Sebagai warga negara yang baik, saya mengajak segenap lapisan masyarakat untuk berintrospeksi diri. Ini bukanlah hal yang sepele untuk dibahas dan dicermati, janganlah sesekali kita merasa cukup dengan apa yang telah dapat. Ada baiknya kita lebih memperhatikan kondisi bangsa&negara kita sekarang, dibandingkan menilai atau mengkritik negara lain. Dengan demikian, hal ini dapat memberikan pengaruh positif dalam menuntun negeri ini ke arah perubahan yang jauh lebih baik. Coba kita renungkan ini baik-baik.

    Terima Kasih

  4. saya orang malaysia.. hanya beberapa universitas di indo yg selevel dgn malaysia seperti itb, ui n ugm… dan sepuluh uni. lain. (grade dua).. yg lain tidak.. n di malaysia sekolahnya gratis.. indo yg bagus fasilitasnya mungkin hanya itb, ui n ugm..

    1. ma kla tie nu semat laut, jibeak sekadeak ne. just keep away from make some trouble, amen ko lok baik idup nu semat.

  5. Pendidikan…? lbh baik mna Indonesia ataw Malaysia ? Sbg org Indonesia scr emosional tentu akan memilih Indonesia yg lbh baik demikian juga dengan org Malaysia. Namun unt menilai Pendidikan baik ataw tidak, dpt dilihat dari manusia hasil pendidikan itu berkiprah di masyarakat. Coba liat skarang begitu banyak org pintar (di Indonesia & Malaysia) apakah mreka mampu membawa negaranya ke titik yg lebih baik ataw malah sebaliknya. Skrg terpulang kpd kita sbg produk dari pendidikan yg baik ataw tidak. Melalui sumbangsih kita pada negara & bangsa, apakah mampu memberikan perubahan yg berarti.

  6. sy orang kelantan,malaysia, sy kuliah di suryalaya,tasikmalaya IAILM,, memang tidak di elakkan lg bahwa,, taraf pendidikan di malaysia jauh lebih baik dr indonesia,, malaysia no.2 setelah singapore di asia tenggara,. untuk fasalitas memang tidak dinafikan lagi malaysia lebih jauh baik di bandingkan dengan indonesia. tetapi dari segi pembelajar dan persekitaran, mahasiswa nya jauh lebih baik indonesia dibandingkan malaysia, kerana suasana pembelajaran nya lebih santai dan rileks, tidak mempunyai tekanan dalam belajar. baik indonesia atau malaysia masing-masing mempunyai kelebihan dah kekurangan dalam segi pendidiakan. jadi anda yg mentukan pilihan anda.. kita adalah serumpun tidak jauh berbeda. sama-sama lah kita tingkatkan taraf pendidikan di negara kita, biar universitas di negara kita termasuk dalam senarai universitas terbaik di dunia,, list 100 terbaik dunia..amin…

  7. Kualitas tidak tergantung pada negara, tapi bagaimana individu itu membangun untuk kemaslahatan dirinya sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara sehingga dapat membawa negara dan bangsanya ke arah yang lebih baik…… salam serumpun.

  8. ah tuhaaaannnn
    subhanaLLOh bget ea
    ternyata pendidikan di Indonesia tidak jelek-jelek bgt
    maju teruzzzz anak indonesia
    jgn mau kalah
    trusssss bangkitkan Negara indonesia agar menjadi yang terdepan
    mantaaaaaaaaaaaaap……………

  9. Sy or INDONESIA. Soal kwalitas pendidikan ( tenaga pengajar maupun Fasilitas lain ) TERUS TERANG INDONESIA blm ada apa2x. Sekolah yg ASRI,pembelajaran yg KMDUSIF benar2 tercipta.mulai dr Sklah RENDAH /SD smpe UNIVERSITAS memang Luar biasa.

  10. indonesia memnag negara yang berkembang,,kita sangat sadar akan hal itu,,tetapi untuk kedapan bagaimana agar indonesia lebih maju baik dalam dunia pendidikan,perekonomian dll.itu semua harus ada peningkatan dari pribadi dan kesadaran pada diri kita sebagai generasi keberlanjutan bangsa.karena itu majunya kualitas pendidikan itu mulai dari hal yg terkecil.agar l;ebih bagusnya kita lakukan apa yang kita bisa untuk kemajuan bangsa yg kita cintai ini,kita sebagai pelajar(mahasiwa) belajar bisr bangsa kebanggaan kita sesuai dengan harapan kita yaitu jadi negara yang maju.semanagt pemuda indonesia,berjuanglah terus.Nurhasnah stit sunan giri bima

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s