Liku-liku Kehidupan Mahasiswa Indonesia di Kairo


Ada sekitar 3.000 mahasiswa Indonesia di Kairo Mesir, dan umumnya mereka menjadi mahasiswa Universitas al-Azhar, meskipun masih ada universitas lain, seperti Universitas Ainun Syams, Universitas Kairo (Jami’ah Qahira), dan the American University in Cairo. Bahkan meskipun masih banyak universitas di luar Kairo, seperti Universitas Zagoziq, Universitas Almenia, dan lainnya, jarang sekali mahasiswa Indonesia tertarik belajar di luar Universitas al-Azhar.

Tulisan singkat ini berusaha menjawab secara singkat pula pertanyaan; bagaimana kondisi Universitas al-Azhar, mengapa mahasiswa Indonesia memilih Universitas al-Azhar, dan bagaimana kehidupan mahasiswa Indonesia di kota Kairo. Kuliah di Universitas al-Azhar dipisahkan dan berdiri sendiri kelas untuk laki-laki dan kelas untuk perempuan. Maka muncul sebutan kuliah li al-Banân, kuliah untuk mahasiswa (laki-laki), dan kuliah di al-Banât, kuliah untuk mahasiswi (perempuan). Universitas al-Azhar di Kairo mempunyai 14 fakultas untuk banân/mahasiswa, dan 7 fakultas ditambah satu jurusan untuk banât/mahasiswi. Masih banyak fakultas di cabang-cabang al-Azhar yang terletak di beberapa kota sekitar Kairo, seperti al-Zagoziq, Tanta, al-Mansurat, dan Asyût. Fakultas-fakultas untuk laki-laki di Kairo adalah: (1) Ushuluddin, (2) Al-Syari’ah wa al-Qanun (Syari’ah dan Perundang-Undangan), (3) al-Lughah al-‘Arabiyah (Bahasa Arab), (4) al-Dirâsât al-Islamiyah wa al-‘Arabiyah (Studi Islam dan Arab), (5) al-Dakwah al-Islamiyah, (6) al-Tijârah (Ekonomi/Bisnis), (7) al-Tarbiyah (Ilmu Pendidikan), (8) al-Lughah wa al-Tarjamah (Bahasa dan Terjemah), (9) al-Tib (Kedokteran), (10) al-Saidalah (Apotik), (11) al-Tib al-Asnân (Kedokteran Gigi), (12) al-Handasah (Teknik), (13) Al-Ulum (Sains), dan (14) al-Zirâ’ât (Pertanian). Sementara untuk perempuan (banât/mahasiswi) adalah: (1) al-Dirâsât al-Islamiyah wa al-‘Arabiyah (Studi Islam dan Arab), (2) al-Dirâsât al-Insanîyah (Humaniora), (3) al-Tijârah (Ekonomi/Bisnis), (4) Al-Tib (Kedokteran), (5) al-‘Ulum (Sains), (6) al-Saidalah (Apotik), (7) Al-Tib al-Asnân (Kedokteran Gigi), ditambah Jurusan Sains.

Kemudian di beberapa cabang al-Azhar ada beberapa fakultas dan/atau jurusan. Cabang-cabang dimaksud adalah Tanta, Mansurat, Zagoziq. Sementara dari sisi lokasi, Universitas al-Azhar yang ada di Kairo terletak di dua tempat, yakni di Husein, sebagai kampus lama, dan di Maqtal Sadat (tempat pembunuhan Sadat) sebagai kampus baru.

Meskipun sama-sama Universitas al-Azhar, kedua lokasi ini mempunyai perbedaan. Di kampus lama hanya ada Fakultas Agama, yang meliputi Fakultas al-Syari’ah wa al-Qanûn, Ushuluddin, dan Bahasa Arab (al-Lughah al-‘Arabîyah). Sementara di kampus baru, di samping ada al-Dirâsât al-Islamiyah wa al-‘Arabiyah (studi Islam dan Arab), al-Dakwah al-Islamiyah, dan al-Tarbiyah (Ilmu Pendidikan), sebagai fakultas agama, ada fakultas umum. Fakultas Syari’ah dibagi menjadi dua jurusan, al-Syari’ah al-Islamiyah dan al-Syari’ah wa al-Qanun. Sementara Fakultas Ushuluddin meliputi empat jurusan, Tafsir, Hadis, Dakwah, dan Aqidah & Filsafat. Fakultas Bahasa Arab mempunyai jurusan; jurusan umum, sejarah, budaya, publikasi/komunikasi & Iklan. Adapun sistem perkuliahan yang dipakai umumnya masih menggunakan sistem ceramah dan sistem tingkat. Maksud sistem ceramah adalah, mahasiswa belajar dengan jalan mendengarkan ceramah dari dosen di kelas yang jumlah mahasiswanya ratusan untuk kelas-kelas tertentu, bukan sistem kelas kecil dan dialogis, bukan pula mahasiswa membuat makalah untuk didiskusikan. Kehadiran mahasiswa di kelas tidak menjadi perhitungan untuk kelulusan. Konon kalau mahasiswa hadir semua, kelas yang tersedia tidak cukup menampung mahasiswa. Maka kelulusan ditentukan oleh murni hasil ujian. Perlu dicatat, setiap dosen menyediakan diktat kuliah. Maksud sistem tingkat adalah, kelulusan mahasiswa diukur berdasarkan tingkat, bukan jumlah satuan kredit semester (SKS). Maka mahasiswa yang lulus seluruh mata kuliah di satu tingkat akan naik ke tingkat berikutnya, sementara mahasiswa yang gagal harus mengulang lagi di tingkat yang sama dan dengan mengambil mata kuliah yang sama pula. Dengan catatan ada toleransi. Bahwa mahasiswa tetap naik ke tingkat berikutnya kalau hanya 2 mata kuliah yang tidak lulus, dengan syarat 2 mata kuliah tersebut harus diulang. Sementara mahasiswa yang gagal lebih dari 2 mata kuliah berarti harus mengulang seluruh mata kuliah yang ditempuhnya di tingkat yang sama.

Adapun mahasiswa Indonesia umumnya, untuk tidak mengatakan seluruhnya, kuliah di 2 fakultas, Syari’ah dan Ushuluddin. Di dua fakultas inipun terbatas di jurusan Syari’ah Islamîyah untuk Fakultas Syari’ah, dan jurusan Tafsir dan Hadis untuk Fakultas Ushuluddin. Ketika beberapa mahasiswa Indonesia ditanya alasannya, adalah karena di luar dua jurusan tersebut terlalu sulit bagi mahasiswa Indonesia. Tentang tempat tinggal, mahasiswa Indonesia umumnya tinggal di luar asrama al-Azhar dan memilih tinggal sesama mahasiswa Indonesia. Bahkan beberapa daerah mempunyai asrama daerah yang pembangunannya dibantu oleh pemda setempat, seperti Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sementara mahasiswa yang tinggal di asrama al-Azhar juga tinggal satu kamar dengan mahasiswa Indonesia, meskipun bertetangga dengan mahasiswa internasional lain dari berbagai negara. Ketika ditanya mengapa tidak satu kamar dengan mahasiswa internasional lainnya, adalah karena mempunyai kebiasaan yang berbeda. Misalnya mahasiswa Afrika mempunyai kebiasaan berbicara keras-keras, kalau nonton sepakbola kadang bersorak, dan kebiasaan-kebiasaan lain yang tidak sejalan dengan kebiasaan Indonesia.

Adapun perbandingan jumlah mahasiswa, bahwa mahasiswa Indonesia menjadi mayoritas apabila dibandingkan dengan mahasiswa negara lain, baik dari Asia; Asia Tenggara dan Asia Tengah, maupun Afrika. Setelah Indonesia, untuk wilayah Asia Tenggara ditempati masing-masing oleh Malaysia, Thailand, Philipina, Brunei, Kamboja, Vietnam, Burma, dan Singapore. Hanya saja ada perbedaan antara mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa Malaysia dan Brunei. Kalau mahasiswa Indonesia berhak mendapatkan beasiswa dari al-Azhar, sementara mahasiswa Malaysia dan Brunei tidak berhak. Alasannya adalah, mahasiswa Malaysia dan Brunei oleh pemerintah Mesir dimasukkan kelompok negara kaya. Bahkan beasiswa yang diterima mahasiswa Indonesia pun jauh lebih kecil dari yang diterima mahasiswa Malaysia dan Brunei. Lebih mengecewakan lagi konon, kalau mahasiswa Indonesia mencari tempat tinggal selalu menawar harga, sementara mahasiswa Malaysia dan Brunei langsung membayar tanpa pernah menawar. Konon kondisi keuangan mahasiswa Indonesia dengan segala konsekuensi tersebut, memberikan implikasi pada perlakuan orang Mesir kepada mahasiswa Indonesia.

Oleh: Prof Dr Khoiruddin Nasution, Guru Besar Fakultas Syari’ah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan sedang Visiting Profesor di Mesir.

91 thoughts on “Liku-liku Kehidupan Mahasiswa Indonesia di Kairo

  1. eca berkata:

    Assalamualaikum wr.wb
    mas saya eca dari depok bukan depok jogja tapi emang saya asli jogja bisa tanya-tanya ya..
    mas tolong dong ajarin saya mengenai filsafat, kebetulan saya sedang belajar ni meskipun saya bukan jurusan filsafat tapi ada materi yang berkaitan dengan filsafat .
    Kita dapet tuga smenjelaskan manusia, kemudian manusia dan hidup manusia, saya kemaren melihatnya manusia dari buku filsafat tapi ga puas kaena penjelasannya bikin pusing, bisa menjelaskan dengan bahasa yang mudah aja dari manusia sampai metaparadigma mas.terimakasih sebelumnya…
    Wassalamualaikum wr.wb.

  2. kiki berkata:

    assalamu’alaikum wr.wb

    mas/mba, saya mau tanya kalo masuk Universitas Al-Azhar harus lulusan MA ya tidak bisa SMU ?? syukran

  3. nhia berkata:

    Aslm…
    Sebelumnya afwan,apa antum kenal sama ukhti Syifa F dari Ponpes Al-Hikmah Brebes
    beliau ustadzah saya yang sekarang lagi stydy di Al-Azhar jurusan AL-Lughah Arabiah.mungkin antum kenal and tolong beri ana kabarnya,sebelumnya syukron.
    Wslm

  4. novri berkata:

    ass.
    klo mau masuk al-azhar itu bs ngk dari sma?
    n klo mau dapat beasiswa gmn caranya n syaratnya?
    sebelumnya makasih…
    was…

  5. Lyyn berkata:

    ass.
    pak… saya punya pertanyaan yg sama dg novri, bisa nggak ya siswa lulusan sma masuk ke al-azhar? apakah al-azhar mensyaratkan calon mahasiswa harus memiliki kemampuan hapal Al-Qur’an dan kemampuan berbahasa Arab? anak saya masih di kelas 9, namun bila ingin masuk al-azhar, tentu ada sejumlah persiapan yg mesti dilakukan…. terima kasih,
    wass

  6. Rhin berkata:

    Ass.. Ana MAhasiswa baru disalah satu Ins fak.syari’ah butuh bantuan antum sekalian untuk info beasiswa al-azhar. Insya Allah mau coba tahun ini..
    jazakallah ya..Qoblaha wa ba’daha.

  7. said firdaus berkata:

    assalamualaikum, gimana caranya kita bisa kuliah di al-azhar, dan apa aja persyaratannya. terimakasih sebelumnya.

  8. Masyrifah berkata:

    Saya mahasiswi semester dua fakultas falsafah dan peradaban universitas paramadina jakarta,negeri cleopatra adalah salah satu impian saya sejak di ma’had.saya ingin bertanya ustad, kira-kira apa saja yang harus saya asah dan persiapkan untuk mendaftar beasiswa s2 di cairo????
    sekian, jazakallah . . . qablaha wa ba’daha ustad . . .!!!

  9. furba indah berkata:

    Assalamyu’alaikum,ustadz ana furba indah ana pengen banget,pergi mencari ridho ilahi di negri piramid ini dengan cara mencari ilmu di uniuersitas al-ahzar kairo.Ana mohon do’anya banget ya tad, moga angan yang jadi mimpi kemudian setingkat menjadi cita-cita ini di ridhoi oleh sang pemilik keputusan.

  10. Iman Septian Shalbad berkata:

    assalamualaikum…..
    ana iman, saya sekarang masih seorang pelajar kelas 3 di smk swasta jurusan akuntansi. saya mengunjungi situs ini karena mempunyai ketertarikan besar terhadap universitas al azhar ini. saya memilliki keterbelakangan ekonomi tapi saya mempunyai keinginan yang kuat yaitu ingin menempuh program keahlian akuntansi saya berbasis akkuntansi syariah.
    I know that everyone has a dream. and this is my biggest dream.
    I hope I wake up with my dreams

  11. Ukhti ayu berkata:

    Assalammualaikum….

    Pak anna mau tanya..’

    apasja y syarat tuk bs mndptkn beasiswa di u.al’azhar?? Skrg sya mch kls 1 disbuah SMAN ,, sya mh0n saran.. Apa sja yg hrus dpersiapkn mulai dri sat ni? Krn ktrbtasan sya jg tdk bs brbsa arab n sya jg sdg mnjlnkn pr0gram hfl Al-Qur’an.. Kmudian brapa bsar biaya hdup yg hrus dkeluarkn dsna?? Pakah sya mch brkesmptan tuk mndptkn beasiswa tu,krna sya akn lu2s dri sma,bukn sbuah madrasah taw p0npes?

    Syukr0n

    afwan dtunggu jwbn’a

    wassalammualaikum..

  12. ihat subihat berkata:

    salah satu impian saya,..pengen kuliah dikairo, minimal pernah ksana deh,..tp kalaupun enggak suaminya deh lulusan kairo, biar klo ada maslh yang menyangkut masalah fiqhiyah/agama bisa langsung nanya, he…he….apa aja ya persyaratn kul s2 dikairo? dan brp biaya admnistrsinya ? jzakumuALLAH,…

  13. nanda berkata:

    ass,,
    sya berkeingnan brkulyah di unverstas kairo tp sya tdak bsa bhsa arab..
    gmna bhsa shri hari slma brda dsana…insya allah klau sya mmpu,sya akn klyah dsa

  14. Astuti berkata:

    assalamualaykum… sy bercita-cita ingin melanjutkan pendidikan sy di universitas Al-Azhar. sy ingin minta saran daruji kakak, supaya saya bs terdorong untuk bs kesana? syukran sebelumnya.

  15. ashof berkata:

    kuliah di Al Azhar GRATIS,anda semua yang mau kuliah di sana gak di pungut biaya apapun.anda hanya di minta membeli buku diktat sendiri selama kuliah disana ( setahun sekitar Rp 350.000 utk beli buku ) + membayar kartu mahasiswa ( setahun cuman Rp 15.000 ). malahan pihak al azhar setiap bulan akan memberi anda uang sekitar Rp 250.000
    bagi yang mau kuliah disana bisa melalui 2 cara
    1.tes lewat DEPAG jakarta atau di Universitas2 islam di bandung,semarang,jogja,surabaya,makasar dan medan ( GRATIS )
    2.anda juga bisa kuliah di al azhar melalui broker.tp kalau melalui broker anda biasanya harus membayar sekitar 10 juta ( tiket pesawat,pengurusan pasport dll ) dengan uang sekitar 10 juta itu anda hanya duduk manis di rumah,gak perlu kemana2.nanti brokernya yg ngurus semuanya.

    saya sarankan kalau mau kuliah al azhar ambil fakultas agama ( ushuludin,syari’at,bahasa )untuk jurusannya ada tafsir,hadist,syariah islam, hukum, bahasa arab dan dakwah. bagi yang mau ambil jurusan kedokteran atau umum mendingan kuliah di indonesia atau eropa.
    bagi lulusan SMA bisa kesana.jangan takut kalau gak kenal orang indonesia sama sekali,disana nanti BUANYAK anak2 indonesia yg berkeliaran di jalan2.disana sistemnya ngumpul.jadi pemukiman anak2 indonesia ada dalam satu wilayah.
    last but not least,hidup di negeri mesir MURAH.dengan uang hanya 700 ribu anda bisa hidup disana selama sebulan ( kalau anda bisa ngirit tentunya ) hehehe.singkat kata biaya hidup di mesir bisa dikatakan sama dengan biaya hidup di indonesia.
    dan satu hal yang pasti adalah KULIAH DI AL AZHAR LEBIH MURAH DIBANDING KULIAH DI INDONESIA.

  16. muhammad bin husni berkata:

    saya masih kelas 3 sma,tahun ini insya allah saya lulus apabila allah mengizinkan amiin yang saya mau tanya kan bagaimana apabila saya ingin melanjutkan sekolah saya di al azhar mesir kairo.
    1.dengan beasiswa
    2.dengan biaya sendiri
    3.testnya di mana dan apa saja persyaratannya
    4.ke mana atau siapa yang dapat saya hubungi

  17. syafi' berkata:

    mas, q mau tanya.
    1. Berapa sih batasan hafalan juz untuk masuk al azhar lewat jalur beasiswa?
    2. Berapa biaya hidup di sana?
    3. Tes untuk masuk al azhar lewat jalur beasiswa apa saja(secara detail)
    itu dulu,smoga impianku terkabul.

  18. ela berkata:

    maz, mau nanya..
    kehidupan mahasiswa indonesia di mesir sperti apa??tes beasiswa ke mesir sulit apa gag?
    perlu adaptasi dlam waktu yang lama gak?
    skarang keadaan mhasiswa indonesia gimana?kan mesir baru ricuh ??

  19. rayhana berkata:

    askum, salam kenal ea.
    wag aku pengen banget neeh bisa kuliah di al-azhar.
    mbok dikasih cerita yang lebih banyak agy dund !
    info2 juga mau,thx

  20. najwa wijda diputri berkata:

    Mb’., sya siswi kelas 3 SMA .
    Sya mempunyai cita-cita untuk belajar di Kairo, Mesir .
    Yg ingin sya tnyakn :
    1. dimana sya bisa mndpt beasiswa untuk bljr dsna?
    2. apa saja persyaratannya?
    3. bagaimana sistematika persyaratannya?
    Mohon dijelaskan ya mba’., terimakasih sebelumnya :)

  21. Listia berkata:

    AssaLamuaLaikum…..

    saya listia dari tangerang,,
    yg sy mw tnya, klo qta mw dftr / ikut beasiswa nya hrs dtg kmn ya???
    klw pun online nama webnya ap y???

    krna sya pnya adik laki2 skarg masih duduk dklas 1 SMP d slah satu popes tgr. dy ingin sekali kuliah disana tp sya kurng informasinya….

    mohon dibantu ya….

    krna bwt sy tidak ada yg tidak mungkin…

    Wassalam…….

  22. herdi berkata:

    assalamualaikum,,,
    ana asl indonesia (banjarmasin kal-sel) pngen bngt thun dpn bsa msuk Al_azhar tp gmn ya crax,spa ya yg bs bntu ???
    mdh2n ana bsa nglnjtin nntut ilmu k’Al_azhar
    amiiiiin …

    impian ana ingn nntut ilmu d’Al_azhar

  23. fitri berkata:

    assalam, saya fitry skrang dah laz 3 aliyah, impian terbesar ingin lanjut k skul al azar kairo,
    gmana caranya yah ? apa saja persyaratannya >?
    brapa biaya disana ??

  24. FUFU IRMA MASFUFAH berkata:

    Saya ingin ikut pendaftaran masuk Al-Azhar khairo mesir. Tpi gmna cara’y? Apakah ada pendaftaran secara online?

  25. eva pratiwi berkata:

    ASSALAMUALAIKUM,,,,,
    saya eva, anak pesantren daar el qolam,. saya mau nanya apa syarat2 untuk bisa masuk ke al adzhar?
    apakah harus hapal quran?
    wassalam,,,,

  26. ikhwan berkata:

    assalmualaikum,,

    ane mau bertanya bagaimana cara mendapatkan beasiswa al-azhar,,,???? soalnya ane pengen bgt kuliah di al-azhar,,,,,syukron

  27. umahmuhammad berkata:

    Assalamu’alaykum..
    Saya Windi Nugraha Fadillah, sekarang saya kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Teknik Elektro semester kedua.
    Ingin bertanya, apakah jika saya sudah lulus dari UPI, saya bisa kuliah di Universitas Al Azhar langsung S2 atau dari S1 lagi?
    Saya ingin belajar Islam dengan sungguh-sungguh setelah saya mencari ilmu dunia di UPI..
    Mohon bantuannya, syukron..

  28. fitriyani umar berkata:

    Assalamualikum..
    sy mau tanya, kenapa kuliah umum seperti sains lebih baik di indo drpd di kairo?apa krn biaya?bgmn dgn akreditasinya??mohon infonya?

  29. ganu berkata:

    assalamualaikum,, awalan khiafa khaluk ya akhi.
    saya ganu dari banten usia saya baru menginjak 16 tahun tapi saya bercita2 untuk tholabul ilmi di kairo mengambil mata kuliah tafsir.
    mas boleh minta situs2 penting ngga tentang kairo biar saya lebih bisa termotivasi bwat ke sana .
    suykron.

  30. deden berkata:

    Assalaamu’alaikum…..
    mas ana hilman, tolong beritahu situs buat ngecek mahasiswa al-azhar, afwan before.

  31. niswah aini tw arbaini chanie berkata:

    Alazhar I will come………..wait me ok……Allah will help me always,,,,,,
    bless………………

  32. niswah aini tw arbaini chanie NAK aljauhar islamic boarding school Duri Riau Indonesia.... berkata:

    STUGGLE,CONSISTENT……Patience………….. i can i wiil i do…..
    wait me at 2014 okkkkkkkkkkkkkkkkukkkkkk
    I love Alazahar UNIVERSITY,CAIRO,MESIR,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    I LOVE MUCH………………………………………………

  33. niswah aini tw arbaini chanie NAK aljauhar islamic boarding school Duri Riau Indonesia.... berkata:

    Insyaallah ARbaini zulhijjah chan akan sampai ke sana dengan dan usaha……….
    mam doian ain …………………………………..
    i love mom…………………..

  34. Sinta Aisyah berkata:

    asalmmm…. mas mau tanya,,,, saya punya temen di mesir,,, dia mau mencarikan beasiswa untuk saya ,kata nya dia mau mengusahain,,, kalok seandainya ada apa sayu bisa dapat dan masuk kuliah begitu saja,, pa harus tes terlebih dahulu,,,,

  35. fachri baits salam berkata:

    assalamualaikum. saya ingin banget ke al azhar. kaya fachri di ayat2 cinta. syarat nya apa saja ya? saya bahagiakan ortu.

  36. fitrie berkata:

    asslmualaikum,,,
    ana ukhty fitry,,oiyah alasan apa yg mndasari anda mngatakan bhwa kalau ambil jurusan kedokteran kuliah ajjah di indonesia atau eropa??/

  37. taufiqurrahman berkata:

    ass…. ana taufiqurrahman, sekolah di pondok abu hurairah, mataram, ana mau nanya, barapa hafalan buat al-qur’an agar dapat masuk dan menuntut ilmu di al-azhar , karna ana baru kelas 1 MA, dan kitab-kitab apa saja yang harus kita kuasai, dan persiapan apa saja yang harus ana siapin agar dapat lulus di sana, dan kepada teman2 mohon do’anya,
    jazakallahukhairon, dan syukron atas perhatianya, juga do’anya
    hahaha……

  38. tamara berkata:

    g mna ciie cara msk qe al azhar
    saya sekolah die ponpes modern al hidayah
    jika saya lulus saya insaallh mw mssk qe al azhar tpi gmna cra.a
    dengan dpt beasiawa ???

  39. lutfi althafunnisa berkata:

    assalamu alaikum?
    sebelumnya afwan,, saya ingin tanyak soal kebenaran atas beasiswa ke al-azhar tersebut,,, wallahi saya memiliki niat untuk menimba ilmu disana tapi masih ragu atas biaya,,, mohon infonya ya mas?????????????? syukron…..

  40. lutfi althafunnisa berkata:

    ohy,,, 1 lagi kira-kira butuh waktu berapa lama rata-rata mahasisiwa indonesia lulus dari al azhar mas……………..????

  41. Shinta Milania Rohmany berkata:

    assalamua’laikum kak..aku baru kelas 1 SMP aku pengen rencana kuliah di Al-Azhar,tapi sekolah saya sekarang sekolah universal bukan sekolah islam,apa yang harus saya persiapkan untuk masuk A-Azhar ? bahkan mendapat beasiswa ? belajar agama sendiri ? bahasa arab ? mohon jawabannya,.agar saya bisa mempersiapkan dari sekarang dan berdiskusi dengan mama saya,karena saya ingin sekali membanggakan mama saya yang ingin anaknya ada yang pintar agama,sementara saya tidak mau hanya pintar tapi mengabdi pada agama..mohon dijawab.Sebelumnya terimakasih Assalamu’alaikum..wr.wb.

  42. aviv udin berkata:

    assalamualaikum ya akhi,
    boleh apa ndaak,kalo ijazahnya pake,syahadah min mahad?
    alhamdulillah saya sudah hapal al-qur.an,ya walaupun cuma sdikit,
    dan sya skarang mash mendalami ktab2 qoidah nahwu,spt imriti,jurumiyyah,dan alfiyyah ibn malik,
    urid an adhaba ila misri,
    li tholibil ilmi fi jami.at qohiroh,

  43. Doting Suryadi berkata:

    Assalamu’alaikum akhi Eca dari Depok….

    Sekedar menanggapi rasa keingintahuan Anda tentang filsafat, saya telah membuat sedikit rumusan sederhana yang mudah-mudahan dapat membantu sebagai alat pandang yang memadai.

    Filsafat adalah cara (ilmu) untuk menemukan kepastian. Perangkat filsafat adalah ilmu matematika dan fisika.

  44. Asfai berkata:

    Aslm…
    Mas ,mbk ,pak, dll..
    Slam sjahtra… Saya mau nanya, pa saya masih bza kuliah d sana??
    Saya tidak memiliki keahlian dalam bahasa arab, dan saya lulusan smk thun 2011/2012 dan apa ada biayasiswa bwat orang sperti saya.. Wslm..
    Trimakasih…

  45. Rionita berkata:

    Aslmkm,,,hmmm I love al-azhar,,Ana ykin ana bsa kuliah d sna,,skrang sya smster 1 d IAIN bngkulu,,n mo s2 d al_azhar.ws,

  46. yogia aliyekti berkata:

    assalamualaikum wr.wb. saya mau nanya apa nama website untuk daftar ke universitas alazhar kairo
    terima kasih.wassalamualaikum wr.wb

  47. izza berkata:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb,,,
    Mas, mau tanya info pendaftaran di Al Azhar University Cairo tahun 2014, kalau ada tolong kasih tahu,,, terima kasih
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  48. Ririn berkata:

    Assalamualaikum..
    sy mau tanya ap bsa lu2san SMA mlnjutkan prguruan tinggi d’Al azhar cairo? klw bsa,, ap prsyratanx? please bls :(

  49. fika dewi asfahani berkata:

    assalamualaikum…..
    saya pengen nanyak seandainya dalam hafalan al-qur’an nya bagus tapi kalau dalam berbahasanya kurang lancar gimana….
    buat persyaratannya harus bisa kitab….???
    makasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s